Ini Kelebihan Oli Bardahl Dan Harganya

Sabtu, 19/11/2016 16:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sebenarnya pelumas Bardahl sudah ada di tanah air sejak 40 tahun silam, namun beberapa dekade terakhir pelumas asal Amerika Tersebut sempat vakum di Indonesia.

Dan pada tahun lalu, Bardahl kembali berkeinginan untuk kembali memasarkan segala produknya di Indonesia. Di bawah bendera PT Anugerah Lubricant Indonesia (ALI), principal Bardahl Indonesia, Bradahl memutuskan untuk kembali ke Indonesia. 

“Kami dari PT ALI saat ini akan mendistribusikan oli Bardahl ke seluruh Indonesia melalui 12 distributor yang sudah tersebar dan akan terus bertambah rencananya 

hingga tahun depan kami akan memiliki 20 distributor resmi,” ucap Syafrian Effendi, Director PT ALI pada press confrance di Dua Pulau Resto, Jakarta (17/11).

Effendi pun menambahkan perihal strateginya untuk bersaing di pasar Indonesia. "Saat ini memang sudah banyak pabrikan oli yang sudah mulai merapat ke Indonesia karena industri otomotif di Indonesia itu sangat menjajikan. Dan tentu saja kami punya strategi khusus, umumnya akan kami rapikan dulu jaringan distributor di daerah. Secara produk kami memiliki teknologi bernama C60, itu yang menjadi andalan jualan kami,” ucapnya.

C60 (Carbon 60) merupakan molekul berskala mikron (1/100). Molekul ini masuk ke dalam kategori nanoteknologi. “Kelebihannya molekul itu bisa meresap ke sela-sela kecil mesin dan akan tetap menyelimuti meskipun dalam keadaan panas sekalipun,” ucapnya.

Dengan kata lain, pelumas ini memiliki kemampuan untuk menjangkau ruang tersempit pada mesin, meski mesin motor dan mobil modern dirancang memiliki dimensi kompak. C60 juga memiliki kemampuan mengendap pada permukaan yang dilumasinya, sehingga pada saat mesin dalam kondisi dingin sekalipun, pelumas tetap memberi perlindungan yang dibutuhkan, meminimalisir gesekan.

Saat ini, Bardahl juga sebagai oli OEM (Original Equipment Manufacture) beberapa merek ternama, antara lain BMW, Volvo, Cummis, Daimler, NMMA Detroit Diesel, MAN, Jalos, NSF, dan API.

“Brand tersebut sebagai perwakilan bahwa produk Bardahl memiliki standard terbaik. Semua brand mewah sudah mempercayakan produk ini,” pungkasnya.

Daftar Harga Oli Bardahl

Matic 10W-40 API SL: Rp 30 – Rp 35 Ribu (0,8 liter)
Sport 10W-40 API SL: Rp 40 – Rp 45 Ribu (1 liter)
Racing Spek API SL: Rp 75 – Rp 100 Ribu (1 liter)
Bebek 20W-50 API SL: Rp 30- Rp 35 Ribu (1 liter)
Mobil 10W-50 API SN : 350 Ribu (4 liter)

(Zhein)

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen