Tata Ace Ex Penuhi Kebutuhan Pengusaha Kecil Akan Mobil Pikap Berbiaya Operasional Rendah

Rabu, 30/11/2016 15:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Hadir di Indonesia pada tahun 2014, merek kendaraan asal India, Tata Motors telah berkomitmen untuk memberikan produk terbaik khususnya di segmen kendaraan komersial.

Tak cukup dengan kualitas terbaik saja, bahkan Tata Motors lewat Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku authorized distributor satu-satunya di Tanah Air, juga menawarkan harga yang tentunya lebih terjangkau kepada pelaku bisnis logistik melalui produk mini pikap Tata Ace Ex2.

Proses masuknya kendaraan pikap andalan Tata Motors ini ke Indonesia bukan dengan begitu saja. Sejak awal pihak Tata Motors telah melakukan berbagai survey untuk mencari konsep kendaraan pikap seperti apa yang diinginkan konsumen.

Hal tersebut dibeberkan oleh Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicle PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI). "Jadi sebelum kita memutuskan untuk menjual Tata Ace Ex, lebih dulu kita lakukan survey terkait model yang pas dengan kebutuhan konsumen pikap disini," sebut Wilda di Pondok Indah, Jakarta, Senin (30/11).

Dari hasil survey disebutkan, sebanyak 15% konsumen menginginkan kendaraan pikap yang irit BBM, 5% menginginkan harga serta biaya operasional terjangkau, 8% konsumen mau pikap dengan harga sparepart murah, 12% berharap mobil pikap yang andal dan tidak mudah rewel, yang menginginkan performa mesin bagus dan tahan lama sebanyak 10%, pikap yang mampu bermanuver dengan lincah sebanyak 7%, kemudian yang mudah dijual kembali sebesar 8%, dan terakhir sebanyak 8% yang menginginkan kapasitas muatannya memadai.

Berdasarkan variabel dalam survey tersebutlah, maka Tata Motors memilih Tata Ace Ex sebagai model pikap yang cocok untuk dijual di Indonesia.

"Perhatian terhadap biaya operasional kendaraan menjadi utama ketika kita berusaha masuk pada segmen konsumen yang low profile, UKM, rental, single owner, dan pedesaan. Ketika produk jadi lebih menguntungkan, maka itulah yg akan menjadi pilihan, sehingga konsumen berani untuk melakukan switch brand," lanjut Wilda.

Tata Ace Ex atau disebut "Si Gesit Irit" merupakan mobil mini pikap bermesin diesel pertama di Indonesia. Meski kapasitas mesinnya hanya 700cc, tapi daya angkutnya sekuat Gajah. Diklaim Tata, pikap ini mampu membawa beban hingga 1 ton dan menanjak di sudut kemiringan 6 sampai 9 derajat.  Selain itu juga, Tata Ace Ex memiliki biaya operasional yang lebih murah dibanding kompetitornya karena menggunakan bahan bakar diesel.

Di negara asalnya, India, Tata Ace Ex2 sudah terjual lebih dari satu juta unit, dan kendaraan inilah yang dianggap cocok untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. "Alhasil ketika sudah sampai ke tangan konsumen, sampai saat ini kami belum terima komplain apapun dari mereka (konsumen)," pungkasnya. (Zie)

TERKINI
Halal Bihalal Nissan Terrano Club Sumatera Barat, Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024