Seri VI ARRC 2016, Buriram : Cerdik dan Sabar, Yassiin Somma Juarai Kelas Asian Dream Cup

Minggu, 04/12/2016 13:43 WIB

mobilinanews (Buriram) - Kesabaran dan kepercayaan diri membawa Yassiin Gabriel Somma masuk jajaran pembalap elit arena Asia Dream Cup (ADC). Pada gelaran seri terakhir ADC di ajang Asia Road Racing Championship, Yassin membawa panji Astra Honda Racing Team mengumandangkan Indonesia Raya di sirkuit Chang, Buriram-Thailand.

Gelar jawara ADC 2016 boleh saja sudah jadi milik Hiroki Nakamura. Tapi, posisinya benar-benar digedor oleh Yassiin Somma. Yaasin seperti lepas dari rada 9 pembalap yang berebut posisi pertama. Hebatnya Yassiin yang menyelesaikan 8 putaran dalam waktu 16 menit 56,097 detik, hanya unggul 0,089 detik dari Nakamura yang finish kedua.

Prestasi Yassin Somma bagai menambah ketegangan dalam balapan penuh drama. Pasalnya, baru saja lomba dimulai, Koko Tadachi (Filipina) langsung kena hukuman penalty ride-through karena jumpstart.

Belum lagi, jago Australia, Broc Pearson yang ingin memperbaiki posisinya di klasemen akhir, justru tergelincir di lap kedua. Ditambah dua pembalap Bui Duy Thong dan Tokio Shibuta menyusul Broc di lap ke-2 dan 4.

“Jatuhnya 3 pembalap didepan jadi momentum untuk Yassiin melaju. Dia jadi lebih percaya diri, dan makin konsisten bertarung di grup depan. Ini membanggakan kami, yang membinanya,” girang Anggono Iriawan, manajer Astra Honda Racing Team.

Yassiin Somma cerdik memperhatikan kelemahan rivalnya. Ketika bertarung dengan pembalap Tiongkok, Zhou Sheng Jun Jie, ia bertahan dengan konsisten. “Aku liat dia nggak konsisten. Terutama di tikungan. Sering ada ruang terbuka saat ia di depan, terutama di tikungan terakhir. Dan aku memilih titik  yang pas di situ,” papar Yassiin Somma yang menutup serial ADC tahun ini di peringkat ketujuh.

Pada akhirnya, kecerdikan Yassiin Somma mengambil posisi dan strategi mengekor berbuah kemenangan pertamanya di akhir musim. Yang menggembirakan lagi, rekan setimnya, Muhd Febriansyah yang jadi runner-up klasemen akhir, finish ketiga.

Klasemen akhir ADC 2016 menempatkan Hiroki Nakamura sebagai juara dengan 230 poin. Runner-up nya Febriansyah dengan 130 angka. Urutan ketiga direbut pembalap Malaysia, Hafiz Nor Azman. Dan, Broc Pearson akhirnya harus puas menutup musim di posisi keempat.

Hari yang membanggakan dan menyenangkan untuk Astra Honda Racing Team. Buat Indonesia juga, tentunya! (Aries Susanto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap