Cukup Dengan Rp 290 Ribu, Yamaha NMax Anda Dijamin Bakal Lebih Ngacir

Kamis, 08/12/2016 19:33 WIB

motorinanews (Jakarta) - Namanya juga sifat manusia, selalu cenderung merasa kurang terus. Sama halnya dalam dunia otomotif, para pengguna motor selalu merasa kurang walau motornya baru dan dalam keadaan baik pula.

Seperti yang dilakukan para pengguna Yamaha NMax yang ingin meningkatkan performa motornya, namun ogah melakukan bore up mesin. Karena Yamaha Nmax itu motor matik, solusinya adalah ditingkatkan melalui kinerja CVT.

"Motor matik gak perlu yang aneh-aneh. Yang penting performa motor bisa meningkat sekitar 30 persen dari standarnya dan tetap hemat bahan bakar," buka Tantra, pemilik Wildfang Garage Jakarta.

"Dari pada bore up mesin, kan masih dipake buat harian. Jadi upgrade beberapa part aja. Seperti ganti roller, per CVT, per kampas ganda, dan ring pulley. Gak perlu ngeluarin duit banyak juga,” sambungnya.

Untuk langkah awal, ganti 1 satu set roller bawaan Yamaha NMAX berukuran 13 gram dengan yang lebih ringan. Untuk yang itu, Tantra mengandalkan 1 set roller aftermarket berbobot 11 gram.

"Kalo sering berkendara di jalan kota yang macet, lebih sering stop and go dan jarak tempuh tidak jauh, sebaiknya fokus pada akselerasi. Penggantian roller lebih ringan, salah satu solusinya. Namun jangan terlalu ringan karena motor akan bergetar pada tarikan awal," jelas pria yang akrab disapa Tuner itu.

Selanjutnya, ganti per CVT Yamaha NMax dengan per CVT orisinil dari Honda PCX. "Manfaat dari ganti part ini membuat tarikan awal mesin akan lebih enteng," ujar Tuner.

Nah, tambahan lagi biar makin joss, pasang ring tambahan di pulley depan menggunakan ring pulley orisinil dari Yamaha Mio J atau bisa juga pakai yang aftermarket. Karena aslinya Yamaha NMax tidak menggunakan ring dipasang ring pulley agar lebih presisi beltnya.

Terakhir, ganti per kampas ganda NMax dengan per kampas ganda aftermarket. Tujuannya supaya proses transfer tenaga mesin lebih maksimal. "Ganti per kampas ganda jangan kekerasan, sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk NMax cukup pakai yang 1000/1500 rpm,” terang Tuner.

Namun dari beberapa informasi, agar NMax tambah bertenaga saat di putaran atas, banyak yang melakukan bubut rumah roller. Bagi pria kelahiran Jakarta ini, hal itu tidak terlalu penting karena motor masih digunakan harian kecuali untuk balap.

Untuk Tanya-tanya lagi dan info lebih lengkap, langsung datang aja ke Wildfang Garage Jakarta , di Jalan Jatiroto 3B. No.169 Jati Cempaka, Pondok Gede, Bekasi. Atau bisa menghubungi 085881677744 (Tantra Tuner).

Daftar Harga Part Buat Akselerasi
- Per CVT PCX/ Vario : Rp 125.000
- Roller 11gram aftermarket : Rp 85.000
- Per Kampas Ganda 1000rpm after market : 70.000
- Ring Pulley Mio J : Rp 10.000

Cukup dengan Rp 270 ribu saja, untuk upgrade spare part dimaksud. Harga tersebut di luar jasa pemasangan loh. (Zhein)

 

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok