M Fadli Bocorkan Teknik Breaking, Cornering dan Riding Position Motor Sport Dari 43 Racing School

Jum'at, 09/12/2016 09:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sekolah balap 43 Racing School terus jadi perhatian para pembalap muda yang ingin belajar cara naik motor sport. Sebelum bergabung, M. Fadli mau membuka sedikit apa saja yang penting diajarkan di 43 Racing School.

Diakui Fadli, dengan lama pelatihan 10 hari untuk belajar geber motor sport yang benar, jadwal kursusnya jadi padat. Apalagi 4 trainer yang menggawangi 43 Racing School masing-masing membawa teknik yang diajarkan. Beberapa intinya disampaikan oleh M. Fadli.

Pertama, soal pengereman alias braking. Orang bilang, kalau bisa mengerem sedekat mungkin dengan tikungan. Istilahnya late-braking. Tapi, menurut Fadli, late-braking akan berjalan sendiri kalau sudah mahir.

“Untuk motor sport dalam sesi braking, kita tekankan pada posisi tubuh. Semisal, menghadapi tikungan ke kanan, badan di titik beratkan ke kanan. Begitu juga sebaliknya. Karena posisi badan ini untuk menstabilkan motor. Kalau kita counter, malah bahaya. Karena nanti terjadi low side,” jelas mantan pembalap supersport yang kini jadi mentor Astra Honda Racing Team itu..

Bicara cornering alias menikung, fokus 43 Racinig School adalah gimana agar cepat keluar tikungan. Ingat, ya…, yang diajarin cara menikung, bukan menelikung. He he he.

43 Racing School fokus mengajarkan cara menikung agar secepat mungkin membuka gas, begitu melewati tikungan. “Kami ajarkan posisi keluar tikungan, baik bodi atau motor, supaya cepat menegakkan motor. Ini akan kita latih berulang-ulang dan detil. Karena, kalau tekniknya salah, roda belakang akan sliding, atau high-side,” papar Fadli.

Dari semua itu, ujung-ujungnya adalah riding position yang paling tepat. Sebab, banyak pembalap kita memulai karier balap dengan motor underbone. “Riding position motor underbone seperti grasstrack. Saat ke kiri, badan counter ke kanan. Nah, saat bawa motor sport sebaliknya. Supaya cepat buka gas, motornya diusakan berdiri. Beloknya dengan badannya kita yang lebih turun daripada motornya,” pasti Fadli.

Menurut Fadli, teknik yang benar menggeber motor sport sangat penting, agar tidak cepat capek saat balapan. “Kayak orang berenang aja. Kalau tekniknya benar, tidak capek dan cepat. Kalau salah, malah lambat dan buang tenaga,” pungkas Fadli.

Itu teorinya… Tapi, kalau mau praktinya, ya tetap daftar jadi murid di 43 Racing School. Mangga atuh, kontek ke nomor telpon 0812 – 8622 2262. atau pakai email ke alamat fadli162@yahoo.com. Kalau mau jelas, bisa baca lagi : sekolah-balap-43-racing-school-m-fadli/">Cara Daftar Sekolah Balap 43 Racing School M. Fadli Agar Bisa Latihan Dengan Motor Moto3. (Aries Susanto)

TERKINI
Mau Perbaiki Eksterior Mobil yang Rusak Setelah Mudik? Simak Tawaran Diskon Menarik Suzuki selama Mei 2024 Pebalap Astra Honda Arbi Aditama Siap Taklukan Tantangan Kelas Dunia di GP Catalunya Honda dan Komitmennya Elektrifikasi 100 Persen di Tahun 2040 Mengenang Ayrton Senna, Ducati Luncurkan Edisi Spesial Monster Yang Hanya Diproduksi 341 Unit