MotoGP Palembang 2018 Belum Pasti, Investor Dan MOU Dengan Dorna Masih Wacana

Kamis, 22/12/2016 14:32 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sirkuit Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan belum lagi dibangun. Tapi Gubernur Sumatera Selatan, Ir H Alex Noerdin sudah begitu yakin seri MotoGP 2018 akan digelar di wilayah yang dipimpinnya itu. Bahkan disebutkan Palembang akan menjadi tuan rumah pada akhir Oktober atau 2 seri terakhir.

Soal pembangunan sirkuit sendiri, menurut Augi Bunyamin sebagai ketum Pengprov IMI Sumatera Selatan akan dimulai pada Februari 2017. Dan diperkirakan, beberapa bulan sebelum pelaksanaan seri MotoGP yang telah dijadwalkan bakal rampung.

Namun dari pengamatan Irawan Sucahyono, pengamat motorsport yang juga mantan sekjen PP IMI, pelaksanaan MotoGP di Palembang masih belum dipastikan. Irawan mengemukakan beberapa alasan.

“Sampai sekarang, belum ada kepastian siapa sebenarnya investornya. Katanya ada 3 calon yakni dari Barcelona (Spanyol), Harry Tanoe serta konsorsium Erick Tohir. Dari Barcelona itu saya nggak tahu persis, masak ya klub bola itu. Lalu disebut peluang Harry Tanoe mengecil. Nah, kalau konsorsium Erick Tohir itu lebih mungkin karena kabarnya di dalamnya ada beberapa perusahaan nasional,” sebut Irawan yang tak mau merinci siapa saja anggota konsorsium itu.

Nah, masih ada satu hal lagi yang harus dilakukan. Yakni tanda tangan kontrak penyelenggaraan antara pihak Sumsel dan Dorna. “Kalau untuk penyelenggaraan MotoGP di tahun 2018, biasanya itu dilakukan pada Maret 2017. Meski sudah membayar 1 juta USD kepada desainer Hermann Tilke, belum ada jaminan kalau MUO itu belum dilakukan,” sebut Irawan.  

Ditambah lagi, Pemda Sumsel juga tengah sibuk menyiapkan beberapa  venue sebagai tuan rumah bersama DKI Jakarta. Belum lagi, pada 2018 itu ada Pilkada Gubernur di Sumsel.
Maka wajar jika beberapa kalangan was-was apakah mungkin MotoGP 2018 bisa diterwujud di Palembang? (budsan)

 

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang