Motor Masa Depan Kymco, Smartphone Bisa Terkoneksi Dengan Dasboard

Senin, 09/01/2017 19:47 WIB

mobilinanews (Las Vegas) - Sejak satu dekade terakhir, banyak perusahaan smartphone melirik perkembangan dunia otomotif. Sejak itulah,  kita dapat menikmati kecanggihan mobil terkoneksi dengan smartphone. Menariknya, ternyata tren tersebut mulai meluas ke pasar roda dua alias motor.

Seperti yang dilakukan Kymco di gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2017, Januari ini di Las Vegas, Amerika Serikat. Merek sepeda motor asal Taiwan itu memamerkan teknologi terbarunya.

Kymco menamakan teknologi tersebut dengan julukan Kymco Noodoe. Teknologi anyarnya itu menawarkan kepada pengendara skuter untuk tetap mendapatkan informasi saat berkendara.

Dilansir Autoevolution, Senin, 9 Januari 2017, ide Kymco itu lahir ketika melihat fakta di sejumlah perkotaan besar di dunia. Banyak sekali pengguna skuter yang kerap membuka ponselnya sambil mengemudi meski pandangan hanya satu, dua detik di sela berkendara.

"Apakah Anda benar-benar berpikir bahwa pengendara skuter dapat menyerap semua informasi itu? Sebuah touchscreen sangat sulit untuk digunakan ketika Anda naik skuter," kata Ketua Kelompok Kymco, Allen Ko.

Atas dasar itulah Kymco kemudian berusaha mengembangkan teknologi Noodoe. Sistem ini menawarkan tampilan digital pada dashboard skuter, dan dapat dikendalikan dengan tiga switch.

Letaknya pada ibu jari tangan kanan pengendara. Sejauh ini memang nampak agak menyulitkan, karena tangan kanan umumnya selalu digunakan untuk mengontrol kecepatan kendaraan.

Walau sulit, teknologi tersebut patut diacungi jempol. Karena dashboard elektrik digitalnya dapat dikoneksikan dengan dashboard pengendara. Layaknya sinkronisasi yang ada pada mobil, Kymco menyediakan fitur-fitur yang serupa. Sebut saja, sinkronisasi jadwal, peta, pengingat, atau pun juga musik dan playlist yang bisa di-shuffle.

Selain itu, Noodoe juga menyediakan fitur notifikasi SPBU terdekat melalui kompas dan maps. Nantinya teknologi ini akan dibekali pada motor Kymco AK 550 dan 150i. Besar kemungkinan teknologi ini juga akan terjejali pada motor-motor skuter Kymco ke depannya.

Semoga aja, motor Kymco di Indonesia nanti sudah ada teknologi ini (zhein)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda