Mau Modifikasi Trail Adventure? Ikuti 5 Langkah Utama Ini!

Minggu, 22/01/2017 12:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Hobi adventure dengan motor yang mahal, bisa dibikin murah. Caranya, memodifikasi motor peruntukan gerus tanah. Ada 5 langkah utama untuk memodif jadi trail adventure. Ikuti acuan beberapa modifikator motor adventure yang bisa jadi acuan hobi berpetualang jadi murah dan hasil modifikasinya optimal.

Pertama, tentukan motor bahannya. Menurut Iksan Aditya, dari Extradisi Motorsport, semua tipe motor bisa dimodif jadi trail adventure. Tapi, lebih baik berbasis motor sport. “Karena motor trail butuh ground clearence tinggi dan rangka kuat. Rangka sport posisi mesin sudah tegak  bisa memberikan ruang ground clearance lebih tinggi,” buka Iksan.

Setelah itu, tentukan kaki-kaki. Menurut Angga Setyawan, mekanik Racing Pan, Depok, sobreker jadi belanjaan termahal saat membangun motor trail. Untuk sokbreker depan, tipe upside-down paling pas. Bisa beli baru, atau copotan. “Pilihan kaki-kaki harus merujuk penggunaan motor nantinya. Kalau sudah, baru lanjut pilih swing-arm. Part ini penting agar mengimbangi kinerja sobreker belakang,” urai Angga.

Setelah bahan rangka dan kaki-kaki di dapat, kita lanjut ke rancangan rangkanya. Pasalnya, sasis motor harian berbeda dengan motorcross. Utamanya, sudut rake, sampai ke sub-framenya. “Yang terpenting rake. Pemotongan dan penyambungan harus benar. Sebaiknya gunakan las argon supaya kuat,” ungkap Karso Soemito, ahli rangka balap dari bengkel  Ngezenk Custom  Gemolong, Sragen, Jawa Tengah.

Langkah keempat, memilih bodi yang tepat. Ini untuk menunjukkan karakter motor. Kita tiru bodi motor special engine yang pakai bahan dasar plastk. Banyak sekali pilihan produk yang bisa digunakan seperti  Acerbis , polysport , UFO dan banyak  lainnya.

Toh Iksan sarankan pemilihan bodi sesuai basis motor yang dipakai. Misal, jika basis RX-King, bisa menggunakan bodi YZ. Kalau pakai CB, bodi honda CRF jadi pilihan. Pilihan bodi perlu, untuk tentukan dudukan di rangka, supaya manis terpasang.

Terakhir, tentu perlu modifikasi mesin. Penyesuaian karakter tenaga agar nyaman dipakai bertualang di jalan off-road. Untuk motor garuk tanah, yang utama dibutuhkan adalah power bawah ke tengah. Untuk top-speed tidak begitu penting.

Agar dapat akselerasi lembut tapi kuat torsinya, Madun Yudha, dari Seroja Motor tidak sarankan banyak oprek jeroan. Cukupatur final gear. Perbandingannya dibikin ringan. Gir depan diperkecil atau gir belakang diperbesar. “Kalau mau tambah tenaga putaran bawah, cukup porting polish dan r penggantian karburator,” anjur Madun.

Nah, itu lima langkah agar memiliki motor trail adventure dengan cara murah. Tapi, menurut Topo Goedel dari Tauco Cusrom, karena ini motor modifikasi, setelah selesai dibangun, ujicoba dulu sebelum diajak bertualang. “Penting supaya segera dikoreksi jika dirasakan masih memiliki kekurangan. Dan, kalau mau speknya lebih tinggi, tinggal pilih komponen yang lebih baik, yang tentunya diikuti harga lebih mahal.,” ungkap Topo.

Ok, Mbah!  (Aditya Oka)

TERKINI
Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik! Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024: Digelar Mulai 30 April - 5 Mei