Rahasia Kehebatan Aki Anti-Meledak Furukawa Battery Yang Minim Perawatan Kayak Maintenance Free

Selasa, 31/01/2017 23:02 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kini sudah ada aki konvensional yang minim perawatan. Itu yang ditawarkan oleh produsen aki Furukawa Battery (FB), pada produk aki mereka yang masih menggunakan air aki. Saking, minimnya perawatan untuk produk aki konfensional dari FB, kita  sebut saja less maintenance battery.

Kalau cuma iklan sih, kita boleh nyinyir mendengar kalimat di atas. Tapi, Roseno Siahaan, dari bagian Marketing Support PT. Furukawa Indomobil Battery Manufacturing (FIBM) menjelaskan faktanya. “Itu semua karena Furukawa Battery pakai teknologi khusus pada vent plug, atau istilahnya tutup aki yang sekaligus jadi saluran pernafasan,” buka pria yang akrab disapa Seno itu.

Soal kecanggihan vent plug aki FB ini sudah pernah diungkap di sini, Teknologi Pernafasan Furukawa Baterry Menjamin Aki Mobil Tidak Meledak dan Minim Perawatan. Tapi dipertegas lagi oleh penjelasan Seno di sini.

Vent plug anti-ledak dipakai di aki konvensional. Yang mana, aki konvensional masih menggunakan cairan elektrolit sebagai penghantar listriknya. Nah, cairan ini, dalam proses kerja pengisiannya, akan menguap. “Uap itu yang diatur pengeluarannya oleh vent plug teknologi FB, sehingga mengurangi penguapan dan menetralisir gas mudah terbakar yang keluar dari lubang pernafasan,” jelas Seno.

Kenapa bisa begitu? Dengar, eh baca lagi penjelasan Seno yang mengungkap rahasia kehebatan aki konvensional dari FB . “Vent plug yang bentuknya berulir mengendalikan tekanan saat aki motor atau mobil sedang bekerja. Ulir ini mengkondensasi cairan yang menguap, sehingga uap menjadi embun yang sifatnya cair. Jadi, cairan elektrolitnya tidak cepat habis,” papar pria yang masih membujang itu.

Hal ini dikarenakan FB membuat vent plug dengan bahan khusus. Selain itu, masih menurut Seno, didesain tahan didih dan tekanan tinggi. Jadi tidak ada kebocoran yang bisa menyebabkan ledakan.

Dengan kecanggihan vent plug aki FB, boleh juga tuh dipakai di aki lain. Tapi, “Nggak bisa dipakai di aki merk lain. Desainnya dibuat khusus di body aki FB. Kalau dipakai di aki lain, performa aki itu malah menurun,” pasti Seno.

Hal ini, dijelaskan Seno lagi, dikarenakan aki konvensional FB menggunakan bahan baku yang saling mendukung dengan vent plug anti-meledaknya. “Karena aki FB menggunakan timah yang murni, 99,99%. Kalau akinya tidak pakai aki murni, panas dan uap yang dihasilkan sangat tinggi,” tuntas Seno.

Penggunakan bahan baku timah murni 99,99% dan desain sekat pelat yang tipis, rapat namun berpori, juga menambah performa penyimpanan aki FB. Makanya, aki konvensional teknolgi Jepang yang diproduksi di Purwakarta itu bisa disebut less maintenance battery. Kemampuannya mendekati aki maintenance free. Layak jadi andalan motor dan mobil modern. (Aries Susanto)

TERKINI
Teknologi Terbaru POLYTRON: Baterai Motor Listrik Tahan Debu dan Air Dengan Bersertifikasi IP67 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! NETA Auto Indonesia Kasih Testimoni First Impression NETA V-II di Acara NETA Customer Gathering 2024 Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong