IMI Sambut Positif Wacana Pembangunan Sirkuit di Daerah, Sebaiknya Libatkan Desainer

Rabu, 08/02/2017 15:41 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Maraknya wacana pembangunan sirkuit di berbagai daerah di Indonesia disambut baik oleh Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), sebagai otoritas olahraga otomotif tanah air. Menurut Ketua Umum PP IMI, Sadikin Aksa, keberadaan sirkuit permanen di beberapa daerah, baik yang sudah jadi maupun yang akan dibangun idealnya harus melibatkan desainer sirkuit yang sudah tersertifikasi.

Hal inilah yang membuat PP IMI berencana menggelar workshop untuk desainer dan arsitek sirkuit lokal pada tahun 2017.

"Ada banyak sirkuit permanen di daerah. Tapi sayangnya pembangunan sirkuit di atas lahan pribadi maupun sirkuit yang dibangun swasta justru tidak memenuhi standar safety (keamanan) IMI maupun FIA dan FIM," ujar Ikin, sapaan akrab Sadikin Aksa.

Ikin juga membenarkan bahwa masih banyak pihak yang belum mengerti secara menyeluruh soal standarisasi dalam pembangunan venue sirkuit.

"Karena itu, tahun ini kami juga akan mensertifikasi sirkuit agar ke depannya sirkuit lokal tidak asal bangun. Arsitek yang akan membangun sirkuit juga harus lulus dan punya sertifikasi," lanjut kakak dari pereli Subhan Aksa ini.

Oleh karena itu, ia berharap ke depannya bagi pihak-pihak lokal yang ingin membangun sirkuit di daerah bisa membangun fasilitas balapan tersebut sesuai dengan standar safety yang ada. Sehingga juga akan berpengaruh pada perkembangan olahraga motorsport tanah air. (adri prima)

 

 

TERKINI
Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang di Sulawesi Tengah