IIMS 2017 : Wajah Pameran Otomotif Menyuguhkan Kegembiraan Dengan Konsep Carnival

Selasa, 21/02/2017 19:12 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 akan kembali dilaksanakan mulai 27 April hingga 7 Mei 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS sejak tahun 2000 telah memastikan, perhelatan tahun 2017 ini tetap akan menggunakan tema besar The Essence of Motor Show. Namun kali ini, dengan sentuhan ‘Carnival’ yang menjanjikan hadirnya kemeriahan, kegembiraan dan semangat yang berbeda bagi para peserta dan pengunjung yang hadir ke JIExpo.
 
Selama 11 hari, IIMS 2017 akan diselenggarakan di atas lahan seluas 105.000 m2 yang meliputi nyaris seluruh area JIExpo, dari Hall A, Hall B, Hall C, Hall D, Hall C3, dan outdoor area. Bahkan Hall B3 masih memiliki kemungkinan digunakan untuk menampung antusiasme peserta yang ingin mengikuti IIMS 2017 ini.
 
Tema The Essence of Motor Show telah digunakan sejak IIMS 2015 dua tahun lalu. Tema ini muncul dari keberanian akan perubahan, melahirkan dimensi baru terhadap konsep penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia. Tak sekadar pameran otomotif yang menampilkan produk-produk kendaraan terbaru, namun juga menampilkan berbagai acara yang menyuguhkan esensi dari nilai-nilai budaya otomotif itu sendiri. Hasilnya berbagai acara menarik yang ditampilkan di IIMS mampu menyedot perhatian para pecinta otomotif Tanah Air.
 
IIMS 2015 mampu menyedot 359.374 pengunjung  dengan total transaksi mencapai Rp 1,636 Triliun. Angka transaksi ini antara lain diperoleh berkat penjualan 4.894 unit kendaraan sepanjang pameran. Di tahun selanjutnya, Dyandra Promosindo mempertahankan tema yang sama pada IIMS 2016 untuk membuktikan komitmen sebagai penyelenggara pameran otomotif yang unik dan membedakannya dengan pameran otomotif lainnya.
 
Hasilnya, kemeriahan IIMS 2016 sanggup menarik 454.178 pengunjung dan mencatatkan transaksi hingga Rp 3,064 Trilyun, yang termasuk penjualan 11.275 unit kendaraan bermotor sepanjang pameran berlangsung. “Pencapaian dalam dua tahun terakhir penyelenggaraan IIMS sebagai The Essence of Motor Show membuktikan, pameran otomotif tak cuma ajang pamer produk mobil dan motor baru, namun juga termasuk berbagai unsur pendukung yang memiliki esensi utama budaya otomotif,” ujar Hendra Noor Saleh selaku direktur PT Dyandra Promosindo.
 
Dyandra Promosindo sengaja memilih tema pendukung ‘Carnival’ untuk menghasilkan suasana pameran otomotif yang menggembirakan, meriah dan memberikan kesan mendalam bagi pengunjung IIMS 2017. “Kami ingin menjadikan mereka yang berkunjung ke IIMS 2017 merasakan kegembiraan seperti saat mereka datang ke tempat-tempat themepark seperti Disneyland atau sejenisnya, namun tentu saja kental dalam nuansa otomotif,” sambung Hendra.
 
Untuk menyuguhkan kegembiraan tersebut, Dyandra Promosindo telah merencanakan beberapa program menarik ala karnaval yang dapat menarik pengunjung. Sebuah koridor dengan tema ‘Old Town’ akan dibangun di area pusat outdoor yang berlokasi tepat setelah pintu masuk utama IIMS 2017. Koridor besar ini akan menjadi pusat kemeriahan ‘Carnival’ yang memungkinkan parade mobil dilakukan di sana.
“Nuansa gemerlap dipadukan dengan parade dan berbagai program-program menarik diharapkan dapat membuat para pengunjung terdorong untuk mengabadikan kunjungannya, yang kemudian  menyebarkan kegembiraan tersebut dan menghasilkan efek viral yang positif,” ujar Hendra optimis.
 
Masih menurut Hendra, konsep ‘Carnival’ yang akan ditampilkan di IIMS 2017 terinspirasi dari berbagai gelaran-gelaran otomotif internasional yang menghadirkan nuansa seperti yang terdapat di Las Vegas, AS dan Paris, Prancis. “Kami terinspirasi dengan penyelenggaraan pameran otomotif di Las Vegas, Detroit  Melbourne, Tokyo, Los Angeles dan Bangkok yang pernah kami kunjungi dan pelajari untuk memastikan konsep Carnival kami berada pada level berbeda dari sekadar sebuah Pasar Malam,” tegasnya.
 
Kemeriahan karnaval ala IIMS 2017 ini juga akan dipadukan dengan keseruan kompetisi yang dihadirkan melalui kompetisi gymkhana dan kejurnas drifting bertajuk Pertamax Motorsport IIMS Super Drift. Selain itu masih ada NgumBar (Ngumpul Bareng) Retro Klasik, Extreme Modification Show, AutoBild Test Drive, Motorplus Test Ride, dan untuk pertama kalinya akan diselenggarakan kontes audio dari empat asosiasi berbeda yaitu IASCA, CAN, EMMA dan MECA. (budi santen)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda