Tips & Trik Jimny Offroad : Panduan Awal Buat Yang Doyan Maen Lumpur

Jum'at, 24/02/2017 09:12 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kebetulan punya Suzuki Jimny, baik itu Jimny Jangkrik, Jimny Trepes atau Jimny Katana tetapi bingung mau melakukan step upgrade-nya? Mungkin panduan awal di bawah ini bisa membuat kamu sedikit focus dan nggak galau :

1.Jika mobil kamu masih berpenggerak 4x2  (biasanya Jimny Katana), maka langkah awal adalah membuat mobil menjadi 4x4, yaitu dengan membeli gardan depan (rasio standard an disesuaikan dengan rasio gardan belakang) serta membeli transfer case 4x4. Biasanya biaya nya berkisar antara Rp 5 juta-Rp 7 Juta.

 2.Ban juga merupakan unsur  penting. Jika masih menggunakan rasio final gear standar (rasio 9:37) maka disarankan menggunakan ukuran 29”. Ini dikarenakan rasio masih standar. Namun jika sudah upgrade pada ukuran lebih low seperti 8:41 atau 8:43, maka ban bisa menggunakan ukuran hingga 31”.

 3.Penggunaan ukuran di atas 31” memang sah-sah saja. Tetapi harus diingat bahwa as roda rentan patah pada beberapa kasus karena bobot yang terlalu berat walaupun sudah mengadopsi rasio low. Untuk tipe ban, jika masih digunakan untuk keperluan harian, agaknya ban MT (mud terrain) bisa dijadikan pilihan karena compound yang digunakan tidak terlalu soft. Namun jika memang sudah ingin bermain lebih serius ban racikan Simex Extreme Trekker atau Komodo Extreme bisa dijadikan pilihan. Ingat, ban-ban ini cenderung lebih cepat habis jika teralu sering dipakai di jalanan normal.

 4.Untuk mesin, usahakan tidak melakukan modifikasi ekstrim. Untuk kegiatan adventure offroad, sebenarnya kebutuhan dasarnya adalah mesin yang sehat. Modifkasi lakukan sewajarnya seperti penggantian header, penggunaan extra fan dan lain lain.

 5.Kaki-kaki juga bisa dijadikan focus. Tidak disarankan untuk terlalu tinggi karena cenderung goyang dan tidak stabil. Jika menggunakan ban besar seperti ukuran 31”, lakukan roll per seperlunya saja. Sedangkan untuk shockbreaker, jika masih cukup panjang, versi standar masih bisa digunakan, sedangkan untuk mengganti produk after market lain adalah sah-sah saja tergantung budget dan kebutuhan.

 6.Sediakan strap untuk alasan emergency, yaitu untuk menarik mobil. Beli dengan panjang minimal 5 meter. Makin banyak strap makin baik, karena dalam adventure kita tidak bisa tahu masalah apa yang akan kita hadapi.

 7.Selalu sediakan tools standar, relay cadangan, dongkrak, pengkur tekanan ban serta senter, kabel-kabel, jumper serta alat P3K. Alat-alat tadi diatas sangatlah vital untuk kegiatan adventure.

So...musim hujan begini adalah saat yang tepat untuk kita melakukan kegiatan adventure. Tunggu apa lagi....gaassss... (boy prabowo).

 

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing