Jalani Tes Pra Musim F4 China, David Sitanala Masih Punya PR

Jum'at, 03/03/2017 13:38 WIB

mobilinanews (Zhuhai) - Pebalap muda nasional David Juliano Sitanala baru saja menyelesaikan testing pramusim Formula 4 (F4) di Zhuhai International Circuit, China. Pebalap berjuluk Jong Ambon ini melakukan tes pramusim F4 perdananya pada 12-14 Februari lalu.

Hasilnya pun cukup positif, pada tes pramusim yang digelar di Zhuhai International Circuit lalu, David mengikuti 9 sesi yang terbagi dalam 3 hari. Sementara itu, mobil yang digunakan oleh David Sitanala menggunakan mesin Mygale-Geely FIA F4. Mygale-Geely FIA F4 dengan kapasitas mesin 2.000CC Naturally Aspirated (N/A) dengan output power 160Hp serta mampu meraih top speed hingga 230Km/h.

Di sesi tes pertama ini, David mengaku tidak terlalu kesulitan karena komunikasinya berjalan baik dengan mentor Julio Acosta (pemenang FIA Formula 4 musim balap 2015), begitupun dengan dan tim mekanik.

“Selama saya tes dari awal hingga menyelesaikannya tidak mengalami masalah apapun yang berarti, mulai dari kondisi mobil yang prima hingga kondisi fisik saya. Pertama saya masuk ke dalam cockpit mobil, saya merasa cukup nyaman dan memiliki percaya diri yang tinggi,” jelas David.

Di akhir sesi tes pertama, David mencetak best time 1.42,3 detik. Ini merupakan hasil yang cukup bagus untuk pebalap pemula di level Formula 4.

Respon positif juga dikemukakan oleh Julio Acosta, Driver Coach Champ Motorsport. Menurut Julio hasil tes perdana David sudah cukup baik. Hanya saja PR David saat ini adalah harus bisa merubah driving style gokart dengan style mengemudinya mobil F4.

“Handling yang dimiliki Formula 4 memiliki perbedaan dengan gokart. Mobil Formula 4 memiliki dimensi yang lebih besar. Dengan karakteristik seperti itu saya ingin David ke depannya mampu memahami karakter mobil dan mampu menjaga ritme ketika melakukan balapan. Hanya masalah waktu saja,” ungkap Julio.

Secara keseluruhan David juga terus menunjukkan progres. Peningkatan signifikan ditunjukan di hari kedua dengan menajamkan catatan waktunya menjadi 1.42,6 detik. Bahkan saat sesi tes terakhir, catatan cukup impresif didapat David dengan 1.42,3 detik. Best time ini hanya terpaut 0,3 detik dari catatan waktu Juara Formula 4 China tahun lalu, yang dicetak oleh Bruno Carneiro. Bruno sendiri mencatat waktu 1.42,00 saat melakukan tes di tempat yang sama ketika Bruno masih membalap di F4.

“Selama 3 hari kami menyelesaikan hampir total 150 lap. Namun saya merasa cukup baik dan fit, karena Formula 4 tidak agresif seperti Gokart. Formula 4 jauh lebih smooth dibanding Gokart,” papar David. (adri)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap