Wawancara M Abidin (Bag.2) : Tak Turun di Kelas Supersport, Karena Pilih Kelas Yang Memiliki Crowded

Rabu, 08/03/2017 08:27 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Terjawab sudah, kenapa Yamaha memilih tidak turun di kelas Supersport 600 cc baik di Indospeed Racing Series (IRS) maupun Asian Road Race Championship (ARRC).

“Ya buat apa balapan kalau pesertanya hanya 4 pebalap. Kami lebih suka turun di kelas yang memiliki crowded, seperti di kelas 150 cc. Dan alhamdulillah, meski pesertanya puluhan pebalap, Yamaha selalu menjadi nomor satu untuk beberapa tahun ini,” ujar M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Bukan berarti Yamaha tidak memiliki produk di kelas Supersport 600 cc. Bahkan  menurut Abidin, tiga pebalap utamanya yakni Galang Hendra, Rey Ratukore dan Imanuel Pratna kalau latihan juga menggunakan motor itu dan mencetak waktu yang kompetitif.

Toh, itu bukan merupakan keniscayaan. Apalagi Yamaha belum lama mengirim 2 pebalapnya, Galang Hendra dan Imanuel Pratna ke markas Champ Valentino Rossi di Italia untuk menggembleng diri di kelas motorsport. Artinya, berprestasi ke ajang balap sekelas MotoGP menjadi tujuan utama.

“Tapi, kami memilih kelas 150 cc dan 250 cc untuk jenjang balapan motorsport. Kami sukses menampilkan itu di ajang Yamaha Sunday Race di sirkuit Sentul International, sekaligus menampung aspirasi komunitas yang ingin menjajal balap di sirkuit beneran dan ngetes kemampuan motor miliknya,” lanjut Abidin.

Yamaha Sunday Race yang tahun ini telah masuk tahun ketiga bahkan ditambah serinya. Kalau tahun lalu hanya 3 seri, tahun 2017 menjadi 4 seri. Kendala tahun lalu karena ada rencana renovasi di sirkuit Sentul. Namun kali ini persiapan lebih jelas dari awal karena rencana renovasi itu tidak mencuat lagi.

Begitu pun di ajang IRS dan ARRC, Yamaha akan tetap berkiprah di kelas pilihannya itu dan yakin tetap bisa berjaya. “Kami malah senang ketika kompetitor mulai serius masuk di kelas 150 dan 250. Jadi lebih kompetitif. Selama ini kami selalu mendominasi dan kini kami menjadi lebih bersemangat karena balapan bakal makin ramai,” pungkas Abidin. (budsan)    

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda