Ini Langkah-Langkah Sukses Sistem SQL Yang Baik

Kamis, 09/03/2017 12:13 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bisa dibilang aliran SQL yang menggabungkan unsur SQ (sound quality) dan SPL (Sound Pressure Level) dalam sebuah system car audio, menjadi booming pada 5 tahun terakhir ini.  Keberhasilan SQL merebut hati pasar dikarenakan sistem ini mampu bekerja pada “dua alam” serta sangat mumpuni untuk diajak show off.

Namun, banyak sekali sistem SQL yang mempunyai kendala dalam hal energi suara yang kurang bertenaga dan kurang dinamis. Padahal budget yang dikeluarkan untuk sistem ini tidak sedikit  tentunya. Banyak orang yang menyalahkan kapasitas power yang kurang alias loyo dan tidak bertenaga, padahal bukan itu masalah utamanya.

Yang dibutuhkan dalam sistem SQL adalah kemampuan speaker melakukan jarak dengar yang baik walau pun didengar dalam jarak yang cukup jauh, yaitu minimal sekitar 3 meter bahkan lebih.

Low frekuensi cenderung “tidak ada masalah” berarti karena rata-rata untuk mengakali hentakan jarak jauh ini, cepat rambat bass diakali dengan penggunaan tipikal box ported atau slot ported.

Masalah biasanya timbul pada bagian mid low, mid high dan high frekuensi yang menjadi bagian dari mid woofer dan tweeter. Rata-rata masih banyak orang yang menggunakan murni speaker mobil untuk kebutuhan SQL. Padahal seperti kita tahu speaker mobil mempunyai sudut dispersi suara yang lebar karena memang diperuntukan jarak dengar yang relatif dekat.

Dengan kata lain speaker mobil mempunyai daya “tembak” yang pendek. Ini mengakibatkan suara cenderung lemah dan tidak sampai sasaran (jarak dengar telinga yang jauh) ketika kita melakukan demo.

Walaupun kita sudah memilih power dengan daya yang besar serta design box speaker yang baik, namun akan sulit untuk mencapai sebuah jarak dengar yang jauh jika kita menggunakan speaker asli mobil.

Lantas bagaimana solusinya? Pilihlah speaker yang memang mempunyai jarak tembak alias sudut dispersi yang kecil. Ini biasanya mudah kita temukan pada merk-merk speaker Pro. Speaker pro memang didesign sedemikian rupa untuk kebutuhan jarak dengar yang jauh, bahkan hingga puluhan meter jauhnya.

Namun dalam merkembangannya, banyak sekali pabrikan car audio Indonesia yang sudah melakukan design dan riset dengan membangun dan menawarkan produk khusus SQL dengan merk car audio tentunya. Langkah-langkah di bawah ini akan sedikit memecahkan problem SQL pada mobil yaitu :

1.    Pilih barang-barang sesuai budget dan kebutuhannya
2.    Buatlah design box subwwoefer yang tepat dan sesuai dengan subwoofer yang akan dipasang. Tentukan kubikasi box sesuai dengan spesifikasinya.
3.    Pilihlah speaker dan tweeter yang memang diperuntukan untuk kebutuhan SQL.
4.    Buatlah design box sesuai dengan spesifikasi dan angka-angka dari T/S parameternya.
5.    Atur tinggi box speaker sesuai dengan kebutuhan dengar yang kita butuhkan. (boy prabowo)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing