Jawara Algojo Panco Ini Tinggal Sejengkal Lagi Menjuarai Kelas Paling Bergengsi Offroad Banjarbaru

Rabu, 15/03/2017 14:23 WIB

mobilinanews (Banjarbaru) – Tak ada yang percaya jika mantan jawara algojo panco ini nyaris menjadi juara kelas Free For All di seri 1 kejurnas speed offroad Indonesia eXtreme Offroad Racing di sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru, Kalsel, Minggu (12/3).

Bahkan Yusdar Umar, yang kini menjadi seorang offroader andal itu mencetak fastest lap di Special Stage (SS) 6 dengan waktu 3 menit 37,842 detik. Meninggalkan sang juara Doni Saputra dengan 3 menit 38,248 detik.

Luar biasa pencapaian mantan jawara panco Indosiar ini, karena berarti menjadi juara kedua. Mengalahkan nama-nama besar sekelas Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, TB Adhi, Dira Sulanjana, Ijeck, Bimo Pradikto hingga Haji Syamsudin.

“Alhamdulillah, bisa naik podium lagi. Kini bersama navigator senior, Hade Mboi malah nyaris menjadi juara pertama,” ujar Yusdar Umar kepada mobilinanews.

Putra Banda Neira, Maluku Tengah ini memang bukan lagi offroader kacangan. Pasalnya, pada 2 seri terakhir IXOR tahun 2016 di Paramount dan Banjarbaru, Yusdar yang kini direktur Jhonlin Marine Trans di Batulicin, Kalsel selalu juara ketiga.

Apa kuncinya? “Selalu serius dan fokus. Alhamdulillah mas,” ungkap Yusdar, andalan tim JMM Batulicin, Kalsel ini tersenyum.

Di mata Hade Mboi, sang navigator, Yusdar merupakan offroader berbakat dan sudah jadi. “Menurut saya, Bang Yus pebalap yang oke. Bergaya fighter dan profesional. Tidak banyak yang saya lakukan ketika mendampingi dia, karena sudah ngerti apa yang harus dilakukan,” ujar Hade.

Profesional yang dimaksud Hade yakni Yusdar langsung melihat rekaman video untuk bahan evaluasi begitu menyelesaikan SS. Juga tak malu bertanya kekurangan dan apa yang harus dilakukan.

Bahkan Hade yang baru bisa menjadi navigator Yusdar di Banjarbaru meski sudah lama diminta, melihat ada potensi menjadi yang terbaik.

“Sangat mungkin. Lihat saja, Bang Yus mencetak fastest lap di 2 SS dari total 6 SS. Bakal seru nih di seri berikutnya,” terang Hade, salah satu navigator terbaik Indonesia itu. (budsan)

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!