MotoGP Qatar: Belum Saatnya Meremehkan The Doctor Valentino Rossi

Senin, 20/03/2017 19:02 WIB

mobilinanews (Qatar) – Pada semua sesi tes pra musim, Valentino Rossi tak sekalipun bisa menggeber M1-nya hingga batas maksimum. Ia kesulitan mendapatkan setingan agar setidaknya mampu bersaing dengan M1 lainnya besutan Maverick Vinales.

Hasil tes terakhir di Sirkuit Losail, The Doctor hanya tercepat urutan ke-11,  tertinggal nyaris 1 detik dari Vinales di posisi pertama. Ironis karena motor Rossi bahkan kalah dari 2 unit M1 lainnya milik tim satelit Monster Yamaha Tech3 yang berada di urutan 7 (Jonas Folger) dan 9 (Johann Zarco).

“Kami belum siap 100% tarung. Belum dapatkan setup terbaik untuk melajukan motor di batas maksimum. Beda dengan Maverick, timnya bisa bangun setingan dengan cepat dan tepat,” ujar Rossi yang hanya akan andalkan sesi FP di GP Qatar untuk tarung memenangi seri perdana di trek sama pada Minggu (26/3).

“Ini baru tes, saya harap bisa lebih kencang saat lomba nantinya,” tegasnya.

Dan, bukan Maverick, tapi justru Marc Marquez yang mengingatkan kalau performa Rossi saat tes tak bisa jadi rujukan, apalagi untuk meremehkannya masuk GP Qatar. Yamaha lebih cocok dengan karakter Sirkuit Losail dan Rossi punya pengalaman sertabanyak taktik saat balapan.

“Semua tahu Valentino acap terkendala saat tes atau free practice, tapi tampil beda begitu lomba dimulai. Staminanya pun terbilang masih oke,” ucap Marquez yang menempatkan Rossi sebagai salah satu favorit di seri pembuka GP Qatar. Bahkan juga salah satu kandidat yang berebut  trofi kejuaraan dunia.

Bila menilik tradisi Rossi selama ini, pemegang 9 gelar juara dunia itu memang acap lamban saat balap sendiri-sendiri alias single lap dan karena itu ia jarang sekali meraih reputasi pembalap tercepat di sesi FP maupun QTT.

Beda halnya begitu balapan, Rossi yang start dari row 3 atau 4 pun bisa dengan cepat merapat ke baris depan. Jadi, seperti Marquez bilang, memang belum saatnya meremehkan The Doctor! (andro)

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!