MotoGP 2017: Awal Baik Valentino Rossi, Podium Tiga Di Seri Pembuka

Selasa, 28/03/2017 10:03 WIB

mobilinanews (Doha) – Tak salah menyebut Valentino ‘The Doctor’ Rossi sebagai pebalap spesialis raceday. Memble di semua sesi single lap dan start dari P10 bisa ia tutup dengan posisi finish podium. Mendampingi Maverick Vinales dan Andrea Dovisiozo ke panggung.

Double podium M1 di Qatar membuktikan kapasitas M1 dari sisi teknikal sudah oke. Dan, perlu diketahui, M1 spek 2017 itu sepenuhnya dirancang bangun berdasarkan masukan dan maunya Rossi. Belakangan baru ada masukan Vinales, namun sifatnya minor dan lebih pada penyesuaian dengan riding style-nya.

Bagi Rossi sendiri, podium Qatar bermakna ganda. Itu bukti diri masih punya gigi dan nyali bertarung di antara para rider muda. Raihan podium dari start P10 jelas ditunjang oleh taktik jitu di lintasan.

Sayang, karakter ban 2017 kembali merepotkannya seperti saat ujicoba. Settingannya tak cukup ampuh untuk balapan 20 laps. Andai tak tergerus lebih cepat, Rossi yakin bisa duel lawanVinales dan Dovi berebut posisi terdepan.

“Saat berada di 5 Besar, saya bilang pada diri sendiri: ok, podium! Mengawali musim kompetisi dengan cara seperti ini sangatlah baik. Podium sangat  penting, terlebih setelah periode yang sulit sepanjang tes pra musim,” papar Rossi.

Makna lain dan tak kalah penting adalah  berbagai data yang diolah selama balapan yang sebelumnya tak didapat dalam sesi latihan. Menurutnya, data teknis itu akan sangat penting untuk pengembangan M1berikutnya.

“Sekarang saya makin memahami banyak hal teknis,” imbuh Rossi tanpa menyebut data teknis macam apa, namun bisa diduga itu pastilah berkaitan dengan kinerja ban stabilitas motor di dalam tikungan, seperti keluhan selama ini.

Satu hal lagi, podium di Qatar membuat the oldest rider itu masih layak tarung di umur 38. (andro)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap