MotoGP 2017: Buntut Kisruh Rossi-Marquez, FIM Hapuskan Penalty Points

Kamis, 30/03/2017 15:13 WIB

mobilinanews (Spanyol) -Dinilai lebih banyak mudarat daripada manfaatnya, FIM (Federasi BalapMotor Dunia) akhirnya menghapuskan sistem poin hukuman di kancah balap Grand Prix. Keputusan itu diambil di sela-sela GP Qatar bersama Dorna selaku promotor, IRTA (Asosiasi Tim Balap), dan MSMA(Asosiasi Manufaktur).

Penalty Points diberlakukan untuk  mengontrol prilaku pebalap sepanjang lomba agar tidak merugikan peserta lain,termasuk juga sikap mereka terhadap petugas lintasan. Setiap pelanggaran punya angka dan bentuk hukuman masing-masing. Terberat jika sudah  mencapai 10 poin dalam satu musim dengan sanksi diskualifikasi dari seluruh serial balap.

Penghapusan itu adalah buntut dari insiden besar dua petarung,Valentino Rossi dan Marc Marquez, di GP Malaysia 2015. Keduanya masuk balapan dalam tensi tinggi karena Rossi menuduh Marquez membantu Lorenzo untuk menghadang Rossi di kejuaraan dunia. Kemudian terjadi insiden saat balapan dengan akibat Marquez terjatuh dan DNF. Kubu Honda menuduh Rossi menendang lawan, sementara Rossi berkilah kakinya terjatuh (bukan menendang) justru karena Marquez memainkan dengkul.

Race Direction memutuskan Rossi bersalah, bukan karena tendang-tendangan atau dengkul-dengkulan namun dinilai terlampau agresif menggiring Marquez ke luar lintasan.The Doctordiganjar penalti 3 angka dan membuatnya harus start dari belakang di seri pamungkas GP Valencia sekaligus ‘hadiah’ juara dunia buat Jorge Lorenzo.

Dalam rilisnya, FIM tidak menyebut insiden yang sempat masuk pengadilan olahraga itu sebagai sebab penghapusan penalty points. “Karena sudah tidak diperlukan, itu saja,” tulis mereka (andro)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh