MotoGP Austin 2017 : Yamaha Incar Kemenangan Ke-500, Stamina Rossi Dipertaruhkan

Rabu, 19/04/2017 22:09 WIB

mobilinanews (AS) – Jika Honda masih bermasalah dengan engine 2017-nya, GP Austin pekan ini hampir pasti akan dimenangi kubu Yamaha. Maknanya ganda, merobohkan dominasi Honda sekaligus mencetak rekor Yamaha, 500 kemenangan di kelas primer.

Marc Marquez kali ini maju ke Austin tak terlampau optimis. Mesin RC213V spek 2017-nya masih dianggap lemah kala diajak berakselerasi. Padahal, akselerasi itu sangat vital saat keluar dari 20 tikungan Austin.

So, ini kesempatan emas Yamaha tanpa pedulikan Maverick Vinales atau Valentino Rossi yang menempati P1. Vinales sendiri sudah berjanji akan sudahi dominasi Honda. Macam mana dengan Rossi?

“Kesempatan terbuka, namun saya harus belajar dari kasus tahun lalu,” ujar Rossi, meski sudah bergelar The Doctor tetap merasa harus belajar.

Saat sesi warm-up tahun lalu ia temukan final set-up yang kemudian terbukti membuat motornya sangat mudah dikendalikan saat balapan. Mungkin keenakan dan terlena, Rossi bikin sedikit kesalahan di zona pengereman, terjatuh dan langsung DNF.

“Itu pelajaran penting untuk tahun ini. Harus bikin perubahan sejak sesi latihan,” tandasnya yang kemungkinan akan gunakan basis set up seperti tahun lalu.

Ia akui tak mudah merebut kemenangan di Austin yang sangat menguras stamina pembalap maupun daya tahan motor. Tikungan 1 sampai 10 berkelok seperti ular, menuntut motor dan pembalapnya berubah arah dengan cepat.

Begitu pula tikungan 12 sampai 19. Dikombinasi dengan trek lurus sepanjang 1,2 km, balapan berdurasi  21 laps ini akan sangat menguras fisik. Setiap putaran, pembalap harus 41 kali mengubah posisi di atas motor. Wow!

Satu hal lagi yang bisa jadi halangan adalah type sirkuit COTA yang anticlockwise atau berlawanan dengan arah jarum jam. Trek seperti ini acap menguntungkan para pembalap kidal, salah satunya karena tikungan kiri lebih banyak (11-9).

Pastinya semua hal itu sudah diukur dan diantispasi seorang rider sekelas Rossi.Karena itu masih layaklah berharap ada kejutan dalam usianya yang 38 tahun! (andro)

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!