MotoGP Jerez 2017 : Rossi Layak Juara di Kandang Lawan, Ini Alasannya

Jum'at, 05/05/2017 14:19 WIB

mobilinanews (Spanyol) – The oldest rider on the grid alias pembalap paling tuwir di MotoGP tak membuat Valentino ’The Doctor’ Rossi bisa disepelekan di GP Spanyol, Sirkuit Jerez, Minggu (7/5).

Ia akan jadi lawan berat para pembalap top tuan rumah macam Marc Marquez, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, dan mungkin saja Jorge Lorenzo.

Alasan utama mengunggulkan Rossi adalah pemahamannya terhadap spesifikasi teknis Yamaha YZR-M1 saat ini. Setelah tiga seri bergulir, Il Dottore mengaku mulai ng rip dengn M1dan semakin mudah membangun setingan seperti keinginannya.

 Contoh terakhir di GP Austin, sudah konsisten dalam single lap maupun saat raceday dengan hasil runner up di belakang Marquez yang memang ‘rajanya’ Austin dengan predikat tak terkalahkan dalam 4 partai sejak 2013.

“Tentu masih ada kelemahan yang harus ditanggulangi. Namun saya optimis karena kini kami tahu apa masalahnya dan bagaimana cara membenahinya, itu yang penting. Saya makin mengerti bagaimana seharusnya memperlakukan motor ini.
 Sesi latihan akan sangat penting untuk menemukan apa yang kami cari,” tegas Rossi lewat rilis tim Movistar Yamaha.

Itu alasan teknis yang paling penting. Alasan lain adalah tipikal 13 tikungan Jerez plus lintasan lurus yang hanya 607 meter yang secara tradisonal menguntungkan Yamaha karena kelincahan motor lebih dibutuhkan ketimbang power.

“Ini juga trek yang sangat saya sukai,” imbuh Rossi menyebut alasan lain ia layak diunggulkan.

Meski berada di bumi Spanyol, Rossi adalah pembalap paling sukses di Jerez dengan 7 kemenangan di kelas primer. Tahun lalu pun ia juara di sana di tengah aplaus suporternya yang berdatangan dari Italia.

Dan, yang tak kalah penting adalah gairah dan motivasinya yang tengah berlipat untuk raih kemenangan pertama musim 2017 sekaligus mempertahankan posisi sebagai pemimpin klasemen sementara.

“Sama sekali tak menduga jadi pemimpin klasemen masuk ke Jerez, hanya dalam tiga seri awal musim ini. Saya sangat senang karena sedikit demi sedikit bisa mengatasi berbagai problem di awal kompetisi,” lanjut Rossi yang dalam tiga seri awal beruntun naik podium.

Mumpung sudah di puncak dengan keunggulan 6 poin atas Vinales dan 13 angka atas Marquez, maka wajib hukumnya pertahankan posisi. Syaratnya cuma satu: menggebuk anak-anak Spanyol di kandang mereka seperti tahun lalu saat berumur 37 tahun.  (andro)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap