MotoGP 2017 LeMans: Rossi Goyah, Kesempatan Vinales Balik ke P1

Rabu, 17/05/2017 17:53 WIB

mobilinanews (Prancis) – Tes Jerez sehari usai GP Spanyol lalu membuktikan betapa cepat tim Maverick Vinales mengidentifikasi sekaligus mendapat solusi atas minimnya grip ban saat lomba. Ia tercepat pada tes itu meskipun hanya selisih 0,002 detik dari Marc Marquez.

Bandingkan dengan Valentino Rossi yang urutan 21. Progres itu yang membuat Vilnales on fire menuju GP Prancis di LeMans pekan ini, sekaligus kembali ke pucuk klasemen. Syaratnya memang tak mudah: harus finish di depan Rossi dan Marquez. Ketiganya memang tengah bersaing alot dengan komposisi poin Rossi (62), Vinales (60), dan Marquez (58). Tak hanya itu, Dani Pedrosa (58) pun berpotensi merusak rencana yang ada.

Retire di Austin dan finish P6 di Jerez membuat Vinales defisit poin amat banyak. Tapi, hasil tes Jerez membuatnya optimistis memasuki LeMans. Terlebih lagi LeMans dianggap sesuai dengan gaya balapnya dan punya memori bagus di trek yang terkenal dengan balap endurance Lemans 24 H itu. Kemenangan pertamanya di kelas capung 125cc diraih di LeMans (2011) dan podium pertama di kelas MotoGP juga diraih di tempat sama (2016) bersama Suzuki.

“Saya mencoba berbagai formula set up dalam tes untuk bekal ke LeMans. Termasuk setingan berbeda untuk roda depan, kaitannya dengan daya cengkeram dan daya tahannya. Saya tak sabar menuju LeMans, tampaknya akan sangat cocok buat saya,” katanya.

Ia sadar punya peluang menggusur seniornya sesama Yamaha di pucuk klasemen, tapi saat sama juga terancam oleh Marquez. Ia juga sangat sadar tak bisa meremehkan Rossi meski goyah saat tes di Jerez. Jalan terbaik baginya adalah fokus pada diri sendiri karena hanya kemenangan yang bisa membuatnya makin kuat di jalur kejuaraan dunia.

“LeMans sesuai dengan riding style saya, selama ini juga Yamaha kuat di sana. Tinggal kerja keras mempersiapkan diri dan memastikan strategi terbaik,” imbuh pemenang GP Qatar dan Argentina itu. Saatnya menunggu, apakah Vinales mampu gusur Rossi? (andro)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda