MotoGP 2017 LeMans : Contek Data Crutchlow, Marquez Kuatir Main Basah

Sabtu, 20/05/2017 10:49 WIB

mobilinanews (Perancis) – Status juara dunia bertahan, tapi pekan ini Marc Marquez adalah penantang di Sirkuit LeMans dalam rangka putaran ke-5 serial MotoGP 2017. Yakni penantang untuk joki Yamaha.

Dari aspek teknikal, lay out Sirkuit LeMans selama ini dinilai lebih cocok untuk Yamaha M1 ketimbang Honda RC213V. Marquez sendiri tak terlalu bersinar di trek itu, hanya sekali menang (2014) sejak manggung di kelas primer. Tahun lalu malah finish urutan 13.

Tapi, aspal baru sirkuit yang sangat mulus menurutnya bisa membawa perbedaan karena semua pembalap harus menyeting ulang motornya.

“Saya sendiri tak punya data terbaru soal kondisi lintasan, khususnya daya cengkeram untuk ban. Untungnya Cal (Crutchlow/tim satelit LCRHonda) sudah tes di sana. Saya akan pakai data miliknya untuk basis awal,” kata Marquez saat jumpa pers wajib.

Optimisme Marquez juga terpicu oleh sukses runner up di Jerez yang tradisinya juga salah satu trek andalan Yamaha.

“Biasanya kami terkendala di sana, tapi faktanya saya bisa fight di baris depan hingga akhir lomba. Saya punya motor berbeda di LeMans, akan mencoba raih hasil maksimum. Finish podium saja di sini sudah bagus,” imbuhnya tanpa berani janji raih juara.

Seperti rivalnya, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, ia juga khawatirkan soal cuaca dan suhu udara LeMans yang bisa berubah cepat.

Sayangnya, prediksi cuaca justru menyebut  kemungkinan hujan pada raceday Minggu (21/5). Jika main basah, wajarlah Marquez deg-degan lantaran pemegang 3 gelar MotoGP ini bukanlah pebalap dalam deretan the rain master. (andro)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok