Nal Silverboys, Kreator Dibalik Sukses Tim SKS Motor Pekanbaru

Sabtu, 20/05/2017 11:46 WIB

mobilinanews (Pekanbaru) - Setiap hasil akhir balapan tentunya dituntut hasil maksimal dan sempurna. Jelas podium juara yang jadi target. Sekali berada di garis start, tekad menang dan terdepan harus menggelora di dada. Koleksi trofi menjadi kebanggaan bagi tim balap dan mekanik.

Begitu juga yang ditargetkan SKS (Satu Kosong Satu) Motor asal Pekanbaru saat ridernya turun ke sirkuit. "Kadang kurang waktu dalam proses persiapan unit motor, tapi disitulah seninya, target menang tetap jadi prioritas," ungkap Rinald, mekanik andalan SKS Motor yang lebih populer dipanggil Nal Silverboys.

Seperti di wilayah Riau, event grasstrack hampir setiap minggu digelar. "Malah tim jadi mirip sirkus keliling dari satu kota ke kota lain," tutur Rinald, jagoan kilik mesin yang pernah menimba ilmu di pulau Jawa. Bahkan Nal pernah kursus di HMMC Yogyakarta digembleng instruktur Upik UJM, lalu menyebrang ke GRM Ghandoel Racing Modification.

Bahkan Rinald sempat merasakan ketat dan panasnya kompetisi balap motor di Region 2 tahun 2008 lalu. "Saat itu senang bisa berguru ke Om Ghandoel dan mentor Antok Fast. Masih kurang puas, tambah ilmu lagi dengan VanBoys Septianto mekanik handal di Pekanbaru. Merekalah yang menjadikan saya seperti sekarang," kenang Nal yang tak lupa jasa guru.

SKS Motor sempat mengaspal di ajang road race Sumatera kisaran 2010-2012. Formasi rider ketika itu, ada #127 Karneng, pemula yang jadi Atlet PON Riau dan seeded #123 Martharezza. Cukup banyak koleksi trofi.

Sejak 2013 pindah arena ke trek tanah. Tracker senior #86 Yogi Sugama dan pemula #286 Anto Boy bergabung. Hasilnya Yogi Sugama dinobatkan Atlet Terbaik Sumatera Barat dan Anto Boy jadi Atlet Terbaik Junior di Riau.

Tahun 2015 terjadi pergantian formasi tim. Tracker muda bertalenta #698 Joko Pramono masuk dan menjadi kebanggaan tim karena langganan podium. Lainnya ada pemula #123 Emon Daud, #44 Dico Bocil dan #248 Sony Wolie. Mereka pun naik podium di event Tidar Sumatera Open Grasstrack pekan lalu di Rokan Hulu.

Hasil settingan SKS Motor Pekanbaru bergema hingga ke provinsi tetangga. "Saya juga dipercaya tangani Ambassador Team 8 dari Solok Selatan yang mengandalkan pebalap Indra Aldo dari Jambi," beber Nal yang mulai jadi mekanik terbang.

Saat ini ada 17 unit motor dioprek. Kebanyakan Yamaha Jupiter Z dan Kawasaki KLX. Markasnya ada di Jln Srikandi 98, Tampan, Pekanbaru. "Kesulitan balap di Sumatera itu masalah sponsorship. Pihak sponsor masih melirik pulau Jawa," pungkas Nal. (Bang Ve)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag