MotoGP 2017 : Penonton di Negeri Sendiri, Lorenzo Akui Kekurangan Ducati

Rabu, 31/05/2017 09:43 WIB

mobilinanews (Italia) – Meski sudah diakuisisi Audi Group (Jerman), tapi Ducati Corse masih identik dengan Italia. Ducati masih jadi ‘timnas’ Italia di kancah MotoGP.

Menjadi tuan rumah di GP Italia pekan ini, sayangnya Ducati datang dengan kepala merunduk alias pesimistis. Belum siap bertarung dengan pabrikan Yamaha dan Honda di baris depan. Jadi penonton saat pesaingnya senyam-senyum di atas podium.

Itu kesan dari komentar Jorge Lorenzo, pemegang tiga trofi MotoGP yang didapuk untuk mendongkrak reputasi Ducati. Boro-boro juara, untuk melirik podium di Mugello pun ia malu-malu.

Beda dengan rekan setimnya, Andrea Dovizioso, yang semangatnya membara tak lain karena menjadi pembalap tuan rumah dan ‘besar’ di Mugello.Tentu semangat saja tak bisa membawanya ke podium, tetap perlu dukungan teknis dan set up mumpuni Desmosedici GP17  yang dibesut.

JL dan Dovi akui ada progress membaik dari hasil tes privat di Sirkuit Catalunya, Spanyol, pekan lalu. Secara umum JL mengaku senang dan yakin dengan arah pengembangan Ducati.

“Dibandingkan pembalap Honda dan Yamaha di papan atas, motor kami masih punya satu atau dua kelemahan besar di sektor teknis,” ucap JL tanpa merinci detil teknis yang ia maksud.

Namun, bisa diduga kalau yang ia maksud adalah kelincahan GP17 di area tikungan. Termasuk sistem pengereman di mulut tikungan, dan terutama corner speed yang selama di Yamaha menjadi keunggulan Lorenzo dibandingkan Valentino Rossi maupun Marc Marquez.

Setelah lima seri bergulir, JL merasa masih tetap harus beradaptasi dengan karakter Ducati sembari memberikan masukan dari satu race ke race berikutnya.

“Sulit tapi saya tak pernah menyerah. Tim sangat mendukung. Mereka paham apa yang saya inginkan dan kami akan dapatkan itu,” tegasnya. (andro)

TERKINI
AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata Meneropong Target Penjualan Jutaan Unit Chery Secara Global