Pekerja Perempuan di Pabrik Ban Corsa

Kamis, 09/04/2015 06:50 WIB

mobilinanews.com (Cikarang) - Kunjungan pabrik PT Multistrada Arah Sarana TBK, produsen ban mobil Archilles dan ban motor Corsa, di Cikarang Rabu (9/4) menjadi momen edukasi yang menarik. mobilinanews bisa mengetahui jika pembuatan setiap unit ban mobil Archilles terdiri dari 11 – 12 compound. Sementara untuk ban Corsa membutuhkan 5 – 6 compound yang kemudian disatukan menjadi ban siap pakai.

 Seorang petugas pabrik yang memandu menuturkan jika setiap satu unit ban motor setidaknya membutuhkan waktu 15 menit. Sementara untuk ban mobil sekitar 30 menit.

Dalam sehari pabrik ini mampu memproduksi 30.000 unit ban mobil dan 16.000 unit ban motor. Sebagaimana diketahui kualitas ban Archilles dan Corsa sudah terbukti kualitasnya di ajang motorsport. Baik itu di ajang drifting di mancanegara maupun ajang motorcross di level nasional.

Hal lain yang berhasil mobilinanews temui adalah pekerja perempuan muda di bagian pengecekan ban. Perempuan muda ini dibagi ke dalam tiga shift kerja dalam sehari, dan terdiri dari lima kelompok.

“Dalam sehari setiap pekerja perempuan ini mengecek sekitar 700 ban. Ada tiga hasil kerja yang mereka harus lakukan, yaitu mengecek ban siap pakai, mengecek ban yang kurang sempurna namun masih bisa diperbaiki kembali, serta ban yang tidak bisa dipakai. Ban yang tidak siap pakai akan ditaruh di tiang merah, dan siap kami buang. Atau kadang juga dipakai untuk pembatas di sirkuit balap,” kata Firdan Mulia, Technical Support Section Head.

Pemilihan pekerja perempuan ini memiliki peranan penting. Karena selain telah dibekali pembekalan khusus, mereka juga memiliki tingkat kepekaan yang lebih tinggi dibanding kaum laki-laki.

Wow!!!

TERKINI
Awas! Menyemprot Bagian Dalam Mesin Dengan Angin Kompresor Ternyata Dapat Berbahaya Untuk Motor MotoGP 2024: Demi Kursi di Tim Pabrikan Ducati, Marc Marquez Rela Korbankan 5 Sponsor Setianya Perkuat Layanan, Chery Buka Diler Baru di Jalan Veteran Makassar Sulawesi Selatan Dukung Kemajuan SDM Siswa, Auto2000 Edukasi Pelajar SMK Tentang Mobil Listrik