MotoGP 2017 GP Italia : Kalah Karena Stamina Payah, Rossi Banggakan Anak Sendiri

Senin, 05/06/2017 11:33 WIB

mobilinanews (Mugello) – Menyerang dan pol-polan di lap awal menjadi kesalahan yang harus ditebus Valentino Rossi di garis finish. Laju M1-nya masih garang, semangat membara, tapi apa daya stamina tak mendukung.

Sembilan hari tak olah fisik karena kecelakaan motokros membuat staminanya tak mampu konsisten mengarungi balapan 23 lap atau 120,6 km tanpa jeda. Semangat sih luar biasa karena diaplaus bejibun fans di setiap sudut sirkuit.

“Saat latihan Sabtu tak ada masalah dengan stamina karena bisa istirahat setelah 4 atau 5 lap. Untuk 23 lap tentu sulit. Delapan lap jelang finish stamina sudah benar-benar payah, tapi saya tak menyerah dan bertahan sebisanya,” katanya.

Finish luar podium dan di depan para tifoso membuat Rossi kecewa dan minta maaf. Tapi, dari sisi berbeda, ia tetap mensyukuri 13 poin yang didapuk karena pekan lalu sempat merasa tak mungkin bisa ikut GP Italia.

Rasa kecewa itu juga tertutupi oleh sukses anak-anak Italia yang menjuarai tiga kelas sekaligus. Andrea Migno dan Matia Pasini memenangi race Moto3 dan Moto2 dan kemudian ditutup oleh sukses Andrea Dovizioso di MotoGP.

Khusus untuk Migno, Rossi sangat emosional menuturkan rasa bangganya. Maklum, Migno adalah anak didiknya di VR46 Academy dan juga rider regular Sky Racing Team VR46 milik Rossi. Selain untuk tim, kemenangan Migno juga sangat penting bagi seluruh siswa lainnya.

“Saya tak menangis tapi sangat terharu dan bangga ia bisa juara secepat ini. Juga bangga kepada Matia. Mereka lakukan tugas luar biasa dan peroleh hasil yang selalu diimpikan para pembalap Italia. Fantastis!” sebut Rossi yang mendirikan VR46 Academy untuk imbangi serbuan para pembalap muda Spanyol dalam beberapa tahun ini.

Tertinggal 30 poin dari Vinales di klasemen, tugas Rossi berikutnya masih berat. GP Catalunya di Spanyol sudah menanti minggu depan, 9-11 Juni. Praktis hanya punya waktu jeda 3 hari. Siapkah The Doctor?

“Harus dicoba. Saya suka Barcelona dengan lay out barunya”. (andro)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag