MotoGP 2018 : Agresif, Thailand Dapat Jatah Tes Pra Musim dan Sasar 200.000 Penonton

Jum'at, 09/06/2017 23:13 WIB

mobilinanews (Bangkok) – Tak ada artinya pebalap sekelas Valentino Rossi bilang tak suka balapan di Thailand. Terlambat bro!

Buktinya, baru saja negeri tetangga itu dapat kepastian menggelar MotoGP musim 2018 dengan jadwal 5-7 Oktober.

Tak hanya itu, Sirkuit Buriram juga akan menjadi ajang tes pra musim pada Januari 2018. Soal ini belum jelas jadwalnya, apakah sebelum atau sesudah tes sama di sirkuit Sepang, Malaysia.

Belum ada konfirmasi dari Dorna Sports, apalagi dari FIM selaku otoritas tertinggi balap motor. Tapi, klaim itu bisa dianggap sahih karena berasal dari Wakil Perdana Menteri Thanasak Patinaprakorm yang membawahi bidang pariwisata dan olahraga negerinya.

Ambisius, agresif, dan tentunya serius menjadi kunci sukses Thailand mengatrol Buriram dengan cepat ke kancah elit penyelenggara motosport. Meski baru dua tahun beroperasi, trek itu sudah menghelat balap turing, serial WSBK, dan setelah MotoGP nantinya juga mengincar F1.

“Kami ingin nomor 1 di industri sepeda motor Asean. Penyelenggaraan MotoGP akan mendorong hal itu,” tegas Thanasak.

Ia menambahkan, event tersebut juga mempengaruhi geliat wisata dan perekonomian lokal.

Dalam setiap penyelenggaraan MotoGP (tentunya sekaligus Moto3 dan Moto2), Thailand akan dapat pemasukan 1,5 miliar baht atau sekitar Rp 586 miliar dengan target penonton 200.000 orang.

Hmm, bisa dipastikan dari jumlah itu akan banyak yang datang dari Indonesia sebagaimana GP Malaysia di Sepang.

Thailand mendapat lisensi tiga tahun penyelenggaraan dengan setor promoter fee 400 juta Baht ke Dorna Sports. Tak ada uang negara di sana karena seluruhnya berasal dari swasta dan perorangan. (andro)

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak