10 Tips Amankan Mobil dari Kejahatan Pencurian

Jum'at, 10/04/2015 07:53 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Sebagai penyedia produk asuransi mobil terbesar di Indonesia, Garda Oto memberikan tips berharga agar mobil Anda terhindar dari pencurian mobil.

Modus pencurian mobil semakin beragam. Mobil adalah properti berharga yang sangat mudah dipindahkan, dilarikan atau dicuri oleh orang yang mendapatkan akses untuk menjalankannya. Itulah mengapa setiap pemilik mobil sebaiknya selalu waspada dan mengetahui bagaimana cara menghindari pencurian mobil.

Berikut beberapa cara mencegah pencurian mobil kesayangan d’Garda.
 
1. Gunakan Alarm Mobil
Menggunakan alarm mobil adalah salah satu cara efektif untuk mengamankan mobil dari percobaan pencurian. Alarm mobil dapat memberitahukan dengan bunyi sirine atau klakson jika mobil dibuka. Hal ini mengundang perhatian orang di sekitar lokasi.
 
2. Pastikan Kondisi Mobil Siap Ditinggal Saat Parkir
Pastikan kaca mobil tertutup rapat dan pintu mobil terkunci saat meninggalkan mobil yang diparkir. Pintu yang tidak tertutup rapat membuat alarm otomatis tidak bekerja. Kaca mobil yang terbuka memudahkan akses pencuri untuk membuka pintu mobil.
 
3. Gunakan Kunci Tambahan
Pencuri mobil berpengalaman seringkali dapat membuka pintu yang terkunci dengan mencongkel kunci pintu melalui sela karet kaca mobil.

Memasang kunci tambahan sebagai immobilizer dapat mencegah pencuri melarikan mobil meskipun ia berhasil membuka pintu dan menyalakan mesin mobil. Kunci pengaman tambahan dapat berupa kunci setir, immobilizer ban, atau kunci pedal (untuk pedal gas, pedal rem atau pedal kopling).

Biasanya memasang kunci setir cukup efektif membuat pencuri mengurungkan niat mencuri mobil dan lebih memilih mobil yang tidak memiliki pengaman tambahan.
 
4. Jangan Meninggalkan Mobil dalam Kondisi Mesin Hidup
Salah satu modus pencurian mobil adalah melarikan mobil yang diparkir dalam keadaan mesin menyala. Hindari meninggalkan mobil dalam keadaan mobil menyala meskipun di dalam garasi di rumah sendiri.
 
5. Miliki Garasi yang Aman

Kecerobohan pada keamanan mobil dapat terjadi di rumah sendiri, karena pemilik beranggapan mobil akan selalu terawasi. Gunakan garasi dengan kunci yang memadai untuk mencegah pencuri memanfaatkan kelengahan d’Garda.
 
6. Parkir di Tempat yang Aman

Memilih tempat parkir mobil yang aman mengurangi resiko pencurian mobil. Banyak orang memilih tempat parkir yang tidak aman karena berbagai alasan seperti lokasi yang lebih dekat, praktis, tidak perlu membayar dan lain sebagainya.

Pilih tempat parkir umum yang aman dan terbuka. Jika memungkinkan pilih tempat parkir resmi yang memiliki sistem pengawasan memadai oleh petugas kemanan dan kamera CCTV.
 
7. Jangan Meninggalkan Kartu Parkir dalam Mobil
Hindari meninggalkan kartu atau karcis parkir di dalam mobil yang diparkir. Tempat parkir resmi menggunakan kartu parkir selain sebagai alat kontrol waktu parkir juga sebagai alat kontrol kemanan mobil.

Pengemudi yang tidak memiliki karcis parkir dan tidak dapat menunjukkan STNK yang sesuai dengan KTP tidak dapat meninggalkan tempat parkir. Sistem ini sangat efektif untuk menjaga kemanan mobil di tempat parkir resmi.

Jika pencuri dapat membawa mobil dengan kartu parkir resmi, ia tidak perlu menujukkan STNK dan KTP atau surat identitas resmi lain.
 
8. Perbarui Keamanan Mobil setelah Alih Tangan
Jika d’Garda membeli mobil seken yang sudah ada kunci pengamannya (misalnya kunci setir) gantilah dengan kunci pengaman yang baru. Demikian pula jika d’Garda membeli mobil seken yang sudah memiliki kunci/switch rahasia, sebaiknya diganti atau dipindahkan letaknya.

Ganti juga kunci tambahan (misalnya kunci setir) saat d’Garda mengganti sopir. Hal ini untuk mengantisipasi niat buruk dari orang yang pernah memiliki akses ke mobil d’Garda dan masih menyimpan duplikat kunci mobil d’Garda.
 
9. Gunakan Perangkat GPS Tracking System pada Mobil

GPS tracking system adalah teknologi pelacakan keberadaan mobil berdasarkan pantauan satelit. Dengan menggunakan perangkat GPS tracking system, d’Garda tetap dapat mengetahui posisi mobil d’Garda meskipun dibawa kabur pencuri.

Tetapi perlu diingat teknologi canggih ini mungkin hanya bekerja beberapa jam saja pada mobil yang telah dicuri, begitu pencuri memeriksa dan menemukan perangkat ini tentu saja alat ini akan segera dinon-aktifkan.
 
10. Asuransikan Mobil
Mengasuransikan mobil tidak dapat mencegah pencurian, tetapi dapat mencegah kerugian finansial atas properti berharga yaitu mobil d’Garda. Jika tindakan preventif terhadap pencurian kendaraan belum cukup meyakinkan, d’Garda dapat meminimalisir resiko kerugian karena kehilangan mobil dengan mengasuransikan mobil d’Garda.

Dengan mengikuti asuransi kendaraan, d’Garda akan mendapatkan penggantian kerugian atas kehilangan mobil d’Garda karena berbagai sebab termasuk karena pencurian. (ADV)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok