MotoGP Catalunya 2017 : M1 Menderita, Rossi dan Vinales Ngetes Formula Baru

Minggu, 11/06/2017 14:48 WIB

mobilinanews (Barcelona) – Karakter ban yang diusung Michelin ke GP Catalunya betul-betul parah buat anak-anak Yamaha. Suhu lintasan kisaran 50 derajat celcius jadi biang keladi.

Ini rekor terburuk Yamaha, tak satupun lolos otomatis ke Q2. Pemimpin klasemen Maverick Vinales dan rider sekelas Valentino Rossi terjerembab bareng ke Q1, kali pertama musim ini.  

Keduanya sama sekali tak mendapatkan grip ban memadai meski sudah coba beberapa kombinasi setingan untuk depan dan belakang. Baik berkompon lembut, medium, maupun keras.

“Banyak variasi dicoba, tak ada yang cocok. Saya coba melaju sebisanya saja,” keluh Vinales yang pada raceday Minggu (11/6) akan start dari urutan 9, namun masih menyimpan semangat karena bermain di negeri sendiri.

Rossi lebih parah, akan start dari urutan 13 lantaran keteter di Q1. Satu-satunya harapan mereka adalah temuan formula baru yang akan diuji pada sesi warm-up jelang balapan. Alternatif itu dibahas tim teknis yang rapat pada Sabtu malam.

“Tim masih harus kerja keras dan mencoba solusi baru di sesi pemanasan. Ini sangat krusial memasuki lomba,” ujar Direktur Tim Masimo Meregalli yang membenarkan kedua prajuritnya memang kesulitan dapakan grip pada Michelin.

Sejak jauh hari Rossi sudah memprediksi kondisi itu. Usai Mugello ia bilang akan berat di Catalunya karena aspal sirkuit tak cocok buat M1dan sangat minim traksi ban. Eh, ternyata benar!

“Saat balapan justru akan sangat menantang. Semua pembalap akan kesulitan memilih dan merawat ban.Saya sendiri akan mencoba satu hal yang belum diuji pada sesi latihan, mari kita tunggu saja hasilnya,” ucapThe Doctor dengan nada tetap semangat. (andro)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing