MotoGP 2017: Goyah di Suzuki, Iannone Juga Berpotensi Balik ke Ducati

Jum'at, 16/06/2017 23:52 WIB

mobilinanews (Italia) – Saat digosipkan pindah ke Aprilia musim depan, Andrea Iannone membantah. Ia berdalih punya kontrak sampai akhir 2018 di Suzuki dan menghormatinya.

Itu kata Iannone yang berjuluk The Maniac. Gosip yang beredar di negerinya, Italia, justru dirinyalah yang kepincut pindah ke Aprilia. Kabar lain, kubu Iannone juga buka opsi balik ke tim satelit Ducati, Pramac.

Gosip itu layak dipercaya karena posisi Iannone sedang goyah di Suzuki dan bisa dibilang nyaris frustasi. Sepanjang musim ini ia dianggap gagal beri masukan untuk pengembangan Suzuki GSX-RR, padahal tahun lalu motor ini meraih satu kemenangan dengan tiga podium.

Iannone sendiri sangat tak puas dengan pencapaian musim ini, sementara di urutan 15 klasemen dengan poin baru 21.

Posisinya semakin goyah dan digosipkan bisa saja kontraknya diputus lebih awal menyusul kasus di race GP Catalunya.

Pada lap ke-18, Iannone cetak best time 1:49,459 semenntara test rider Sylvain Guintoli (gantikan Alex Rins yang cidera) bikin 1:49,072. Kru Suzuki pun kirim pesan ke Iannone lewat pit board bahwa pembalap di belakangnya (tanpa menyebut nama Guintoli) sudah mengancam. Pada lap ke-20, Iannone pun disalip Guintoli.

Reaksi Iannone luar biasa, semangatnya langsung terbakar disalip seorang tester. Pada lap 21 dan 22 ia bikin lap time 1:48,576, serta 1:48,878 di lap 23 sekaligus menyalip balik Guintoli. Artinya, Iannone bertarung tak maksimal pada lap-lap sebelumnya. Motivasinya baru terpicu setelah disusul Guintoli.

Para insinyur Jepang dan petinggi tim jelas tak suka dengan kejadian itu. Atas dasar itu dan ketidakmampuannya beri masukan teknis demi pengembangan, Suzuki pun dikabarkan siap mengganti Iannone dengan melirik Franco Morbidelli dari Moto2.

 Bersaing dengan Honda yang juga kepincut kepada rider Italia itu. Belakangan Manajer Tim Davide Brivio malah lebih memuji Guintoli ketimbang Iannone dalam hal peran pengembangan.  (andro)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda