MotoGP 2017: Musuh Besar Rossi Itu Terancam Penjara 2,5 Tahun

Kamis, 22/06/2017 10:00 WIB

mobilinanews (Spanyol) – Fans fanatik Valentino Rossi pasti tahu yang namanya Sete Gibernau, pembalap Spanyol yang dalam sejarah balap MotoGP menjadi salah satu musuh besar Rossi. Terutama musim 2002 dan 2003 saat keduanya bertarung di level perebutan gelar dunia.

Rossi adalah satu-satunya penghalang Gibernau menjadi juara dunia. Mantan pembalap pabrikan Yamaha, Honda, Suzuki dan Ducati itu berulangkali terlibat konflik kontroversial melawan The Doctor, di dalam dan di luar sirkuit.

Salah satu yang paling heboh saat GPSpanyol 2005 di Sirkuit Jerez, saat Rossi menelikung Gibernau dari sudut dalam di tikungan terakhir dan lap terakhir. Selanjutnya ke garis finish dengan label juara.

Momen itu menjadi referensi penting para pebalap Moto3, Moto2 maupun MotoGP setiap kali bertanding di Jerez.

Marc Marquez pun pernah menggunakan itu menghajarJorge Lorenzo di tempat yang sama dengan cara yang sama. Marquez mengakui terinspirasi oleh insiden Rossi – Gibernau.

Gibernau salah satu yang tersenyum saat Rossi terancam penjara pada 2007 dengan tuduhan penggelapan pajakkurun waktu 2002-2004. Kini kasus serupa menerpa Gibernau yang saat ini masih aktif di tim Repsol Honda sebagai penasehat Dani Pedrosa.

Ia dituduh otoritas keuangan Spanyol menggelapkan pajak sebesar 774.000 Euro atau sekitar Rp 11 miliar pada 2006, musim terakhirnya di MotoGP.

 Kalau Rossi memilih domisilinya di London,Inggris, untuk hindari pajak di Italia, maka Gibernau memilih Swiss sebagai tempat tinggal untuk mengelabui dinas pajak Spanyol.

Kasus ini dibuka kembali oleh Pengadilan Tinggi di Barcelona, Spanyol, setelah sempat terhenti pada 2013.

Dalam beberapa hari ke depan Gibernau akan disidang dan jika terbukti bersalah maka hukuman penjara 2,5 tahun telah menanti. (andro)

TERKINI
Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya!