MotoGP Assen 2017 : Dovi Main Aman, Demi Posisi 1 di Klasemen

Senin, 26/06/2017 09:54 WIB

mobilinanews (Belanda) – Gagal bikin hattrick dan hanya finish P5, tapi cukup bagi Andrea Dovizioso (Ducati) menjadi pemimpin klasemen sementara kompetisi 2017. Itu juga berkat kecepatannya mengubah taktik saat balapan.

DesmoDovi, julukan barunya, berkisah kalau ia justru mencontek racing line Maverick Vinales (Yamaha) di Assen, Belanda, Minggu (25/6). Ia ikuti jejak MV sembari cari celah di bagian mana performa Desmosedici GP17-nya bisa ditingkatkan.

“Saat Maverick terjatuh, untung saja saya tak menabraknya. Jarak kami sangat dekat,” kisah Dovi.

Melihat MV terjatuh, saat  itu juga Dovi berpikir punya kesempatan mengambil alih pimpinan klasemen sementara karena sebelumnya ia hanya tertinggal 7 angka.

“Saya tak bisa hitung akan berbalik unggul berapa poin, tapi saya lihat kesempatan dan harus dimanfaatkan.”

Seolah dapat kekuatan baru, Dovi pun tampak agresif sesudah itu. Ia libas Johann Zarco, Marquez, Petrucci, bahkan juga sempat menyalip Rossi.

Sepanjang lap 19 sampai 24, ia terlibat perang segi tiga dengan Petrucci dan Rossi dan saling pepet di tikungan. Dan, pada dua lap terakhir, ia pun memutuskan mainkan strategi berbeda, yakni main aman dengan mengendurkan serangan.

“Selain karena grip ban mulai lemah, saya juga berpikir sangat penting untuk merebut posisi di klasemen kejuaraan. Penting buat saya maupun tim. Sangat mudah terjadi kesalahan dan kecelakaan dalam situasi seperti itu,” tutur Dovi yang sempat juga pol-polan melawan Marquez dan Crutchlow dalam perebutan podium ke-3.

“Sebenarnya tak puas finish ke-5 karena saya punya kecepatan dan kesempatan di 3 Besar. Tapi, duel lawan Marc dan Cal gila-gilaan. Kembali saya berpikir lebih penting soal posisi di klasemen, dan saat ini kami yang memimpin. Sangat senang,” imbuhnya.

Saat menang di Mugello dan Catalunya, Dovi tak mau bicara kejuaraan dunia. Kini berbeda, ia akui saatnya tiba membidik trofi. (andro)
 

KLASEMEN SEMENTARA

Pos.

Pembalap

Motor

Negara

Points

1

Andrea DOVIZIOSO

Ducati

ITA

115

2

Maverick VIÑALES

Yamaha

SPA

111

3

Valentino ROSSI

Yamaha

ITA

108

4

Marc MARQUEZ

Honda

SPA

104

5

Dani PEDROSA

Honda

SPA

87

6

Johann ZARCO

Yamaha

FRA

77

7

Danilo PETRUCCI

Ducati

ITA

62

8

Jorge LORENZO

Ducati

SPA

60

9

Cal CRUTCHLOW

Honda

GBR

58

10

Jonas FOLGER

Yamaha

GER

51

11

Jack MILLER

Honda

AUS

40

12

Alvaro BAUTISTA

Ducati

SPA

34

13

Scott REDDING

Ducati

GBR

33

14

Loris BAZ

Ducati

FRA

31

15

Andrea IANNONE

Suzuki

ITA

28

16

Aleix ESPARGARO

Aprilia

SPA

23

17

Tito RABAT

Honda

SPA

23

18

Hector BARBERA

Ducati

SPA

21

19

Karel ABRAHAM

Ducati

CZE

20

20

Pol ESPARGARO

KTM

SPA

11

21

Alex RINS

Suzuki

SPA

7

22

Michele PIRRO

Ducati

ITA

7

23

Bradley SMITH

KTM

GBR

6

24

Sam LOWES

Aprilia

GBR

2

25

Sylvain GUINTOLI

Suzuki

FRA

1

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap