F1 2018: Sheik Asal Bahrain Ini Yang Gantikan Ron Dennis di McLaren

Sabtu, 01/07/2017 22:42 WIB

mobilinanews (Inggris) – Tak butuh waktu lama menentukan penguasa McLaren pasca mundurnya Ron Dennis dari rumah produksi mobil papan atas sekaligus tim elit F1 itu.

Ia adalah Sheik Mohammed bin Essa Al Khalifa yang sehari-harinya adalah Ketua Dewan Pengembangan Ekonomi Bahrain.

Melalui Bahrain Mumtalakat Holding Co, selama ini Qatar sudah jadi pemilik saham terbesar di McLaren Technology Group Ltd. and McLaren Automotive Ltd yang dibangun dan dikembangkan Dennis dalam 37 tahun. Tim juara telah mengoleksi 17 trofi kejuaraan F1.

Kedua perusahaan Mc Laren itu kini digabung dalam McLaren Group dengan aset senilai 2,4 milyar poundsterling atau setara dengan 3,1 miliar USD atau sekitar Rp 40 triliun.

Saat dibangun pada 1980, McLaren International hanya senilai 3 juta poundsterling. Tahun lalu perusahaan ini meraup keuntungan 898 juta poundsterling dan kini mempekerjakan 3.400 orang.

“Kami ingin meneruskan apa yang sudah ia (Ron Dennis) capai,” kata Sheik Mohammed yang juga ingin membenahi sektor keuangan perusahaan guna menstimulasi pertumbuhan berikutnya.

Saat ini McLaren memakai mesin Honda dengan pebalap unggulan Fernando Alonso di kancah F1. Sayang, daya gempurnya tak sehebat saat pakai engine yang sama di masa kejayaan Alain Prost, Ayrton Senna dan Mika Hakkinen. (andro)

TERKINI
Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan