MotoGP Jerman: Taktik Jitu Marquez, Penentu Pada 5 LapTerakhir Dengan Hasil Surplus 5 Angka

Minggu, 02/07/2017 21:46 WIB

mobilinanews (Sachsenring) – Tak perlu bantuan Dani Pedrosa atau Cal Curtchlow. Marc Marquez akhirnya mampu raih kemenangan di GPJerman, Sachsenring, murni dengan kemampuan dan strategi sendiri.

Karena pesaing di klasemen macam Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, dan Maverick Vinales start dari belakang maka ia ingin selekasnya bikin gap menjauh selepas start dengan asumsi rivalnya akan tertahan rider lain dalam beberapa lap awal.

Dan,benar saja, Marquez sudah leading jauh sejak lap kedua dan hanya Dani Pedrosa yang menekannya.

“Saya benar-benar kaget ketika Jonas (Folger) sudah berada di belakang saya dan semakin kaget saat ia menyalip,” cerita Marquez yang kemudian menyalip ulang saat Folgar melebar di T1.

Saat itulah Marquez atur strategi karena sadar yang mengancamnya jadi juara tinggal Folgar seorang.

“Saya coba menariknya dengan cara konsisten pada kecepatan kisaran 1 menit 21 detik dan berpikir bannya akanlebih cepat aus. Tapi, luar biasa, ia tetap menempel,” imbuh Marquez yang pasang ban berkompon medium dan medium pada RC213V-nya, sama dengan komposisi ban Folgar dengan M1-nya.

Gagal dengan cara itu, Marquez sedikit menaikkan kecepatan motornya dalam lima lap terakhir. Yakin bannya tak bermasalah karena sebelumnya jarang melakukan pengeraman keras. Justru Folgar yang harus banyak tekan pedal rem untuk hindari buntut motor Marquez.

“Kuncinya di situ. Saya lihat jarak sedikit demi sedikit menjauh dan itu sudah cukup jadi bekal finish P1. Jonas tampil sangat bagus di home race-nya,”puji Marquez yang raih 5 kemenangan beruntun di GPJerman, melengkapi 3 kemenangan sebelumnya di Moto3 dan Moto2.

Mendulang 25 poin, posisi Marquez langsung lompat dari urutan 4 menjadi pemimpin klasemen sementara. Mengantongi poin 129, ia kini balik unggul 5 angka atas Vinales dan 6 poin atas Andrea Dovizioso yang hanya sepekan jadi pemimpin klasemen. (andro)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap