MotoGP 2017 Jerman: Semangat Der Panzer Folger Nyaris Patahkan Marquez

Minggu, 02/07/2017 22:17 WIB

mobilinanews (Sachsenring) – Berbekal motor ‘jadul’ Jonas Folger meraih podium perdana dalam debut MotoGP musim ini. Ia memecah tradisi finish 1-2 Honda di sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (2/7).

Sebagai local hero dan satu-satunya joki Jerman di MotoGP, Folger akui dukungan penonton dan nasionalismenya sangat menentukan sukses ini.

Semangat Der Panzer yang melekat pada timnas sepakbola Jerman melekat juga pada Folger dan membuatnya pantang menyerah dalam pertarungan 31 lap.

Padahal, lawannya adalah rider unggulan macam Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

“Setelah menyalip Pedrosa, saya merasa bisa juga menyalip Marquez dan akhirnya bisa dilakukan. Sayang, saya bikin kesalahan melebar di T1 sehingga ia bisa menyalip ulang. Dua lap terakhir, performa ban juga menurun,” ujar Folger yang tahun lalu juga podium kedua di GPJerman saat main di kelas Moto2.

Seperti rekan setim Johann Zarco di Monster Yamaha Tech3, sebenarnya tunggangan Folger terbilang jadul dibandingkan besutan Valentino Rossi dan Maverick Vinales pada tim pabrikan Yamaha.

Keduanya dibekali YZR-M1 spek 2016 namun dibekali sistem transmisi seamless shift gearbox sehingga tak kalah mulus di zona pengereman dan akselerasi seperti halnya spek 2017.

Dari 4 unit M1 di GPJerman, hanya milik Folger yang konsisten dan cepat sejak sesi latihan. Set up dan kompon bannya sama dengan yang lain. Yang membedakan hanya motivasi dan nyali berlimpah di tengah dukungan penonton.

“Podium kedua sudah cukup fantastis. Sungguh saya tak bisa berkata-kata lain kecuali terima kasih kepada tim yang memboyong saya dari Moto2,” kata Folger yang sepakterjangnya di kelas Moto3 maupun Moto2 paling bagus peringkat 5 (Moto3 2013) dan peringkat 6 Moto2 2015.

Debut yang bagus. Dan, kesempatan rider kelahiran Muhldorf, Jerman, 13 Agustus 1993, tentu masih panjang.(andro)

TERKINI
Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak! Safety Riding Lab Astra Honda Hadir di Tasikmalaya Untuk Didik Siswa Pesta Trade-In Ala Hyundai, Tukar Tambah Mobil Jadi Makin Mudah Peringati HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor #Cari_Aman