Formula 1: Renault Tegaskan Tak Ingin Meniru Desain Mesin Mercedes

Kamis, 06/07/2017 05:15 WIB

mobilinanews - Mercedes memang bisa dikatakan paling berhasil dalam mengembangkan mesin turbo hybrid. Sejak tahun 2014 tim Mercedes tak terkalahkan dan selalu menjadi juara di konstruktor. 

Resep Mercedes yang memisahkan turbo dengan kompresor untuk menempatkannya di kedua sisi blok mesin utama sudah diketahui publik. Bahkan hal yang sama juga dilakukan oleh Honda tahun ini. 

Namun, bagi suplier mesin lainnya yaitu Renault, ternyata sama sekali tidak ingin meniru dan mencontoh desain Mercedes. Renault menegaskan kalau mereka akan tetap mempertahankan komponen turbo di bagian belakang mesin. 

"Apakah kami akan melakukan hal yang sama? Tidak," kata Chief F1 Engine Renault, Remi Taffin seperti dikutip dari Autosport. 

"Mesin kami seperti apa adanya, meletakkan turbo di belakang. Tak ada alasan yang bagus untuk kami merubah itu," lanjutnya. 

Remi menambahkan jika dari perspektif mobil, ia juga tidak melihat adanya keuntungan dari lap time mobil. 

"Jadi tidak masalah dimana kita meletakkan turbo. Tapi cukup adil jika mengatakan bahwa fokus utamanya adalah pembakaran bagian dalam mesin ditambah turbo. Itu yang kami kerjakan dan saya kira itulah yang Mercedes lakukan," papar Remi. (adri)

TERKINI
Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD