F1 2017 Inggris : Kasus Ferrari Berbeda, Pirelli Perdalam Investigasi

Rabu, 19/07/2017 00:11 WIB

mobilinanews (Silverstone) – Pemasok tunggal ban F1, Pirelli, menyebut drama terseoknya dua Ferrari ke garis finish GP Inggris disebabkan dua hal yang berbeda meski sama-sama terjadi di roda depan kiri.

Besutan Kimi Raikkonen mengalami penggelembungan dan itu yang membuatnya kehilangan speed, sehingga gagal finish P2 dan harus menerima posisi ke-3.

Nasib Sebatian Vettel lebih parah, melorot dari P3 dan finish di urutan 7. Ban depan kirinya kempes, dipaksa melaju dan terlihat hancur di garis finish.

“Keduanya tak punya hubungan sama sekali karena kasusnya berbeda. Kami punya bangkai ban Kimi yang masih menggelembung. Ini akan diinvestigasi lebih dalam untuk menemukan penyebabnya. Untuk  itu kami perlu data lengkap dari tim. Bukan hanya ban Kimi tapi kami akan periksa semua ban sejenis yang digunakan,” kata petinggi Pirelli, Mario Isola.

Ia mengesampingkan spekulasi media bahwa kasus itu terjadi lantaran tim membiarkan keduanya terlalu lama pakai ban berkompon lembut, atau bahkan kemungkinan ban Vettel tertusuk benda tajam.

“Bisa berbagai kemungkinan, tapi kami ingin memastikan semuanya terlebih dahulu sebelum ada kesimpulan akhir,” tandasnya.

Namun, apapun nanti kesimpulan investigasi, tak bakal bisa mengobati kekecewaan Vettel. Gara-gara ban kempes itu posisinya jadi rawan di klasemen.

Tadinya unggul 20 angka atas Lewsi Hamilton, kini direduksi hanya tinggal 1 poin. (andro)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing