Test Drive: Mendaki Gunung & Membelah Kota Terasa Enteng dengan All New CR-V Turbo

Sabtu, 22/07/2017 02:31 WIB

mobilinanews (Malang) - Sejak pertama kali hadir di IIMS 2017, April lalu All New CR-V Turbo memang menjadi salah satu mobil yang membuat banyak orang penasaran. Apalagi dengan cc mesin yang lebih kecil yakni 1500cc namun sokongan turbo yang disematkan justru memberikan tenaga lebih besar dibanding versi CR-V 2000 cc. 

Itu bukan isapan jempol semata karena redaksi mobilinanews telah membuktikan dan merasakan langsung sensasi berkendara dengan All New CR-V Turbo. Pada sesi media test drive yang digelar oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sejak Rabu (19/7) hingga Kamis (20/7) dengan rute variatif mulai dari jalanan kota hingga rute menantang di gunung Bromo. 

Pada sesi test drive kali ini, redaksi mobilinanews kebagian CRV Turbo versi tertinggi yaitu tipe Prestige. Tak ada yang perlu dikomplen soal kenyamanan di dalam kabin apalagi di kursi kemudi. Baik kursi kemudi hingga posisi stir bisa diatur sesuai dengan selera dan posisi terbaik pengemudi. 

Secara keseluruhan desain interior juga semakin modern dengan Meter Cluster with Multi Information LCD Display untuk memberikan informasi yang akurat selama mengemudi termasuk rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan serta sisa bahan bakar melalui layar yang informatif.

Untuk aspek hiburan, paket lengkap seperti Audio Steering Switch dan Advanced 7” Touchscreen A/V System yang kompatibel dengan USB, Bluetooth Audio, Radio, HDMI Port, MP3/WMA, Handsfree-Telephone, Smartphone Connection tentunya lebih dari cukup untuk menemani saat berkendara.

Mendaki Gunung & Membelah Kota Berasa Enteng

Nah, saatnya beralih ke mesin turbo. Tipe tertinggi Prestige ini Hanya berkapasitas 1.500cc, tambahan turbo membuat mobil seharga Rp 506 juta ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 190 PS dan torsi maksimal 240 Nm dengan tambahan Dual Exhaust Pipe + Finisher. 

Rute test drive berawal dari Kota Malang menuju Bromo, dari kecepatan rendah memang masih terasa jeda saat ingin berakselerasi agresif pada transmisi CVT milik All New CR-V Turbo. Tapi untuk mengantisipasinya kita bisa memindahkan tuas transmisi ke mode S (Sport) jika benar-benar ingin berkendara agresif. Lebih asik lagi kita bisa menggunakan paddle shift layaknya mobil sports car. 

Memasuki kawasan Bromo, rute mendaki dan berliku menjadi menu utama yang layak dinikmati. Disini kami menemukan betapa bermanfaatnya fitur auto brake hold yang ada di All New CR-V Turbo. Dengan fitur ini, pengemudi tidak perlu harus terus menginjak rem saat berhenti di jalur menanjak karena fitur brake hold secara otomatis menahan posisi mobil baik saat menanjak begitupun saat menurun. 

Secara keseluruhan teknologi yang ada membuat berkendara terasa semakin simple alias pengemudi benar-benar dilayani saat menempuh berbagai medan dan berbagai situasi dengan semua fitur yang ada. 

All New Honda CR-V juga sudah dilengkapi dengan standar keselamatan tertinggi, dengan fitur seperti 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Emergency Stop Signal dan masih banyak yang lainnya. 

Tidak sampai disitu, Honda Prospect Motor pun mempersiapkan rute yang lebih menantang yaitu di kawasan Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies Gunung Bromo. Puas mengeskplorasi CR-V Turbo di jalur aspal, kami pun menemukan fakta kalau mobil SUV satu ini juga memenuhi semua aspek bertualang dengan ground clearance tinggi dan daya jelajah maksimal di trek ekstrim serta kemampuan bermanuver di trek pasir terasa menyenangkan dengan suspensi yang sangat empuk. Fitur vehicle stability assist (VSA) juga sangat berfungsi dengan baik menjaga kestabilan mobil saat bermanuver di lintasan pasir (off road). 

Kesimpulannya mobil yang satu ini memang top menaklukkan banyak medan, karena kami sudah membuktikan maka tentu tidak akan ada masalah jika konsumen ingin bertualang sendiri ke rute-rute ekstrim. Bisa rame-rame karena CR-V Turbo berkapasitas 7 penumpang, asik kan?

Desain Eskterior makin Cool dan Tampan

Tampilan depan All New Honda CR-V hadir dengan desain baru lampu depan Full LED dan dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL), serta foglight yang juga menggunakan LED. Lampu belakang All New Honda CR-V kini juga tampil dengan desain baru yang dikombinasikan dengan LED Light Bar. Di bagian belakang, Tailgate Spoiler baru dan dual exhaust pipe plus finisher semakin menambah kesan tangguh dan macho.

Penggunaan velg Alloy Wheel 18 inchi memberi kesan cool. Terakhir, panoramic sun roof juga semakin menegaskan kalau mobil ini memang cocok untuk menjelajahi kawasan-kawasan eksotis. (adri)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh