F1 2017 : Ini Klaim Liberty, F1 Paling Bergairah di Sosial Media

Kamis, 27/07/2017 13:58 WIB

mobilinanews (Colorado, AS) – Saat tokoh gaek Bernie Ecclestone menguasai manajemen F1 lewat Formula One Group, media mainstream menjadi fokusnya.

Kini di tangan generasi muda pengelola Liberty Media, media sosial digarap serius. Hasilnya, F1menjadi ajang sport nomor satu.

Perusaah sohor AS yang bermarkas di Colorado itu membeli aset FOG pada akhir tahun 2016 dengan nilai 4,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 57 triliun meskipun saat itu pamor F1 sudah menurun dan cenderung membosankan.

 Sebagai langkah awal, Liberty yang salah satunya dimotori Ross Brawn (eks petinggi Ferrari dan Brawn GP) ingin mendongkrak kembali popularitas F1. Salah satunya dengan pemanfaatan jalur sosial media yang ngtren di seluruh bumi. Hasilnya?

“Dalam enam bulan pertama 2017, follower F1 menembus angka 10 juta. Naik 56% dari jumlah total pada 2016,” kata Frank Arthofer yang ditugasi Liberty Media mengurusi digital media dan ajang bisnis baru.

Itu berarti pertumbuhannya tiga kali lipat dibandingkan olahraga popular lainnya macam Champions League, Premier League,NBA, dan Nascar. Sayang, Arthofer tak membandingkannya dengan MotoGP yang juga riuh di media sosial.

Ia menambahkan akun F1 di Youtube kini lebih dari 580.000 pelanggan atau tumbuh 178%, sementara di jejaring Instagram naik 283% hanya dalam tempo 3 bulan. Video yang dilansir lewat website resmi F1 juga naik 283%.

Begitu juga pertumbuhan di jalur Facebook yang sangat atraktif. Salah satu video yang dilepas lewat FB adalah penganugerahan salah satu helm milik amarhum Ayrton Senna kepada Lewis Hamilton, telah membetot rekor 7,7 juta penonton.

“Sejak awal kami memang ingin memperluas audiens F1. Kini F1 menjadi sport yang paling cepat pertumbuhannya di sosial media,”imbuh Arthofer.

Satu lagi tujuan Liberty adalah menyusun regulasi agar kompetisi F1 lebih berimbang, seru ditonton agar penonton datang ke sirkuit.

Dengan begitu para penyelenggara F1 lebih brsemangat dan tidak mundur seperti Sepang yang mulai tahun depan tak lagi menghelat F1. (andro)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag