Hendra Bonjo Ajak Riders Telusuri Jalur Gerilya Tuanku Imam Bonjol

Jum'at, 04/08/2017 17:55 WIB

motorinanews (Padang) - Ada banyak cara untuk mengenang jasa pahlawan. Sebagian bisa dilakukan melalui kegiatan olahraga, termasuk otomotif. Membangkitkan semangat juang para pahlawan bangsa semakin mudah dengan olahraga penuh tantangan. Inilah yang dilakukan Hendra Bonjo bersama Bonjol Trail Adventure Club (BTAC).

"Untuk mengenang jejak perjuangan pahlawan Tuanku Imam Bonjol, dibuat event Bonjol Trail Adventure Rambah Rute Gerilya Tuanku Imam Bonjol dimana sebagian besar rute napak tilas jalur berkuda Imam Bonjol dulu," ungkap Hendra Bonjo, Ketua Penyelenggara sekaligus Ketua BTAC.

Ternyata mendapat respon antusias dari peserta yang berdatangan dari berbagai kota di Sumatera. Termasuk Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat yang memang hobi trail adventure. "Ajang seperti ini harus diperbanyak," sebut Irwan Prayitno yang menunggangi KTM 350.

Kebetulan Hendra Bonjo putra asli Bonjol yang berada di Kabupaten Pasaman Timur, Sumatera Barat. "Ternyata jalur berkuda Tuanku Imam Bonjol dahulu sangat cocok buat peserta trail adventure sekarang. Ada banyak trek dengan handicap cukup sulit dilewati. Bayangkan begitu susahnya pahlawan dulu berjuang," kenang pria berusia 44 tahun bergelar Bagindo Ratu ini.

Menariknya, benteng Tuanku Imam Bonjol merupakan salah satu benteng terkuat yang tidak bisa ditaklukkan pemerintah kolonial Belanda selama masa penjajahan. Kemampuan strategi perang dalam membuat perang gerilya di masa itu diakui peserta yang puas dengan sajian jalur ekstrem.

"Kita usahakan kegiatan serupa digelar lebih besar lagi. Rencana ditingkatkan ke kelas International dan menempuh rute gerilya yang lebih panjang lagi. Dengan demikian, diharapkan meningkatkan gairah pariwisata di Pasaman khususnya dan Ranah Minang umumnya," pungkas Hendra Bagindo Ratu yang mengendarai Honda CRF. (bangve)

TERKINI
PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat GAC Aion V Generasi ke-2 Siap Tampil di Indonesia, Terlihat Macho dan Semakin Canggih