F1 2017: Ferrari Pertahankan Kimi, Sinyal Setahun Buat Vettel

Selasa, 22/08/2017 21:38 WIB

mobilinanews (Maranello) –Selasa (22/8) siang atau petang WIB, Ferrari menyebar rilis dari markas mereka di Maranello,Italia. Isinya: Kimi Raikkonen menandatangani perpanjangan kontrak untuk musim 2018. Bagaimana dengan Sebastian Vettel?

Nasib Kimi sempat di ujung tanduk karena performa buruk dalam beberapa race awal 2017. President Ferrari Sergio Marchionne secara terbuka sempat mengritiknya terlampau lamban dan itu semacam tanda putus kontrak di akhir musim 2017.

Situasi berubah saat Kimi ’ikhlas’ dipermainkan team order di GP Monako (Mei) guna memuluskan kemenangan Vettel. Dan, di GP Hungaria akhir bulan lalu, jelas sekali peran dan bantuan Kimi untuk membantu Vettel meraih kemenangan. Marchionne yang berada di paddock Hungaroring pun kembali melirik pebalap Finlandia itu.

Selain prestasi itu, Ferrari juga tak punya pilihan lain karena Vettel memasukkan Kimi sebagai syarat dirinya bertahan di Ferrari. Ironisnya, sudah hampir dua bulan Ferrari menawarkan kontrak 3 tahun berbanderol Rp 1,6 triliun namun sampai saat ini tak kunjung diteken Vettel. Isu menyebut ia hanya ingin setahun lagi di Ferrari dan selanjutnya gantikan Lewis Hamilton di tim Mercedes pada musim 2019.

Opsi itu konon sudah disepakati Vettel dengan Mercedes tahun lalu seusai Nico Rosberg undur diri dari Mercedes karena pabrikan Jerman ini punya tradisi harus punya driver Jerman juga dalam line-up mereka.

Perpanjangan setahun untuk Kimi sepertinya juga menjadi sinyal kalau Vettel akhirnya nanti juga hanya bertahan di Maranello sampai akhir 2018. Ia sebut tanda tangan kontrak belum terlampau penting karena fokusnya saat ini adalah meraih gelar dunia pertama bersama Ferrari. Keptusan Vettel diharapkan muncul saat home race Ferrari di GP Italia, Sirkuit Monza, bulan depan.

Bagi Kimi, 38 tahun, perpanjangan itu menjadi musim ke-16-nya di kancah F1. Ia bawa Ferrari jadi juara dunia pada 2007, namun sejak 2014 tak lagi sekalipun beri kemenangan buat The Prancing Horse. Di GP Belgia akhir pekan ini ia favorit juara, tapi itu pun kalau tak ada lagi team order dari paddock-nya. (andro)

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!