F1 2017 Belgia: Sudikah Ferrari Membiarkan Kimi Menang

Rabu, 23/08/2017 11:19 WIB

mobilinanews (Spa-Francorchamps) – Usai libur musim panas, gelegar balap F1 dimulai lagi pada 25-27Agustus ini di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia. Kimi Raikkonen (Ferrari) masuk katagori favorit juara. Itu kalau tak diganjal oleh timnya sendiri.

Pada race terakhir GP Hungaria, 30 Juli lalu, Kimi jelas punya speed melebihi driver utama Ferrari Sebastian Vettel. Tapi, berhubung Vettel sangat butuh poin untuk melawan Lewis Hamilton (Mercedes) dalam perebutan gelar 2017 maka Kimi dikorbankan lewat team order dan harus finish P2 di belakang Vettel. Ini kasus kedua setelah sebelumnya terjadi di GP Monako, 28 Mei.

Hal sama sangat mungkin terjadi di GP Belgia akhir pekan ini. Meski memimpin klasemen sementara, Vettel baru unggul 14 angka dari Hamilton. Selisih poin yang belum berada di zona aman karena kompetisi baru separoh jalan.

Berkaca dari performa di Hungaria, Kimi layak jadi favorit di sirkuit Spa-Francorchamps yang panjang lintasannya 7,004 km dan paling banyak dimenangkan oleh Ferrari (16 kali) itu. Semakin layak karena trek ini masuk salah satu favorit Kimi.

Dari seluruh pembalap regular F1 saat ini, ia yang paling cemerlang di Spa dengan rekor 4 kemenangan dan 1 pole position dalam 12 penampilan.

Bersama tim McLaren ia juara pada 2004 dan 2005, kemudian dua trofi lainnya bersama Ferrari (2007 dan 2009). Pada 2008, ia memimpin balapan sejak lap ke-2 sampai lap 41, tapi gagal juara akibat turun hujan pada 3 lap terakhir dan mobilnya tergelincir keluar lintasan.

Saat pindah ke tim Lotus (2012-2013) pun Kimi masih bisa raih podium di Spa. Sejak balik ke Ferrari (2014) yang tengah suram, ia tak sekalipun finish 3 Besar di sana. Beda dengan 2017 ini dimana Ferrari sudah bangkit dan kompetitif dalam perebutan juara.

Vettel sendiri baru 2 kali menang di Spa dalam 10 penampilan, Hamilton pun 2kali dalam 10 kali tampil. Favorit lainnya saat ini, Valtteri Bottas (Mercedes), baru main 4 kali di Spa dengan hasil terbaik P3.

Dari data tersebut dan situasi terkini, Kimi jadi perhatian tersendiri memasuki GP Belgia. Yang jadi pertanyaan utama bukan seberapa besar kans meraih kemenangan, tapi akankah ia jadi korban team order kembali demi muluskan langkah Vettel?(andro)

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!