F1 2017 Belgia: Skenario 1-2 Mercedes Untuk Pangkas Poin Vettel

Kamis, 24/08/2017 13:49 WIB

mobilinanews (Spa-Francorchamps) - Tertinggal 14 poin di klasemen, Lewis Hamilton punya peluang besar mereduksinya di GP Belgia akhir pekan ini. Bisa jadi hanya tinggal 4 angka.

Sirkuit Spa yang panjang dan berkarakter cepat sangat menguras power. Dan, Mercedes dinilai banyak oengamat akan kebih cocok di sana ketimbang Hungaria yang lincah di trek berliku macam Hungaroring lalu.

Dua tahun ini para driver Mercedes meraja di Spa. Tahun ini pun Lewis Hamilton diprediksi mampu raih kemenangan ketiga di sana.

Lebih jauh lagi, prediksi menyebut inilah kesempatan Mercedes memangkas poin Vettel secara signifikan. Syaratnya, Mercedes finish 1-2 dengan komposisi Hamilton dan Valtteri Bottas.

 Satu hal yang bukan mustahil mengingat dominasi Mercedes sejauh ini di Spa. Peluang Bottas menyokong Hamilton pun sangat terbuka.

Selain performa apik musim ini, reputasi Bottas di Spa juga layak diperhitungkan. Saat.gabung tim Williams, pebalap Finlandia itu sudah mencicipi start front row dan nikmatnya podium Spa. Kalau sebelumnya bisa 3 Besar di atas Williams, sepertinya ia harus lebih diperhitungkan di atas Mercedes.

Jika Hamilton -Bottas finish 1-2 maka selisih poin Hamilton tinggal 4. Ini membuat duel berikutnya di Monza, Italia, bakal super panas. Pasalnya, tipikal Monza sama dengan Spa, sirkuit cepat. Tapi, di sisi lain, itu adalah kandang Ferrari dengan berbagai nilai plusnya.

Bos Mercedes Toto Wolf mengakui di atas kertas memang timnya diunggulkan di Spa  terlebih karena  aerodinamika Mercedes yang lebih efisien ketinbang tim lain.

"Tapi, saat ini itu semua adalah asumsi. Berbahaya kalau kami pakai asumsi ke sana karena banyak contoh musim ini dimana hasil berneda dengan hitungan di atas kertas," kata Wolff.

Karena itu, katanya, Hamilton dan Bottas tak boleh terlampau pede masuk Spa.

“Semua kru bekerja keras seperti selama ini dan itu pula yang akan kami lakukan di race berikutnya.“ (andro)

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024