Lakukan Perawatan Terhadap Ban, Agar Performa Tetap Maksimal (2-Habis)

Jum'at, 25/08/2017 16:37 WIB

mobilinanews (mobilinanews) – Melakukan perawatan terhadap ban mobil, sangat perlu dilakukan. Tujuannya, agar performa bisa tetap maksimal. Sekaligus perawatan yang baik, juga dapat memperpanjang usia pakai ban Anda.

Menurut Arijanto Notorahardjo, EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.  “Selain safety first, perhatikan tekanan udara, lakukan proses balancing,  juga ada 4 langkah lagi,” ujar Arijanto.

Lakukan Proses Spooring. Setelah melakukan rotasi ban atau jika terjadi gejala-gejala : kemudi terasa tertarik ke kiri atau ke kanan. Spooring juga dilakukan saat terjadi keausan ban sebelah atau tidak rata.

Bersihkan ban hanya dengan menggunakan sabun atau shampoo mobil. Untuk hasil yang lebih baik, minimal sebulan sekali lepaskan keempat roda dan bersihkan kotoran di sela-sela roda dan ban.

“Lakukan rotasi ban secara berkala, setiap 7.500 – 10.000 km. Hal ini dapat memperpanjang usia pakai dan mencegah keausan ban yang tidak merata. Tidak ada keharusan kiri depan dengan kiri belakang. Tergantung keausan bannya,” terang Arijanto.

Lalu, yang terakhir, periksa secara berkala keausan ban dan bentuk fisik ban. Jika sudah terjadi kerusakan pada bentuk fisik, berarti sudah sudah saatnya untuk mengganti ban Anda dengan yang baru.

Selamat mencoba. (budsan)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag