F1 2017 Italia: Sinyal Awal, Ferrari Terancam di Kandang Sendiri

Jum'at, 01/09/2017 21:15 WIB

mobilinanews (Monza) - Tren positif Mercedes di Spa-Francorchamps lalu terbawa ke Sirkuit Monza, Italia, yang punya karakter sama. Ancaman nyata Mercedes diperlihatkan dalam dua sesi Free Practice (FP) pada Jumat (1/8).

Lewis Hamilton tercepat di FP1 sementara Valtteri Bottas kedua. Di FP2 terbalik, Bottas tercepat dan Hamilton kedua. Dalam dua sesi itu jagoan tuan rumah Sebastian Vettel hanya mampu bawa Ferrari di urutan 3. Masing-masing kalah 1,1 dan 0,1 detik.

Kimi Raikkonen yang juga Ferrari berada di urutan 4.
Itu sinyal awal bahwa trek cepat Monza memang lebih menguntungkan Mercedes dan dominan dalam 3 musim terakhir.

Vettel yang memimpin klasemen sementara 2017 dengan surplus 7 poin jelas terancam turun takhta jika Hamilton juara. Jika Vettel runner up maka total poin keduanya sama-sama 238, tapi Hamilton ambil alih pimpinan karena punya jumlah kemenangan lebih banyak.

Vettel akui secara teknis memang rivalnya lebih cocok di Monza. "Tapi, performa di Spa lalu memberi harapan baru," katanya.

Di Spa yang juga cepat, di luar dugaan Vettel bisa mengimbangi Hamilton sepanjang lomba. Hanya saja tak ada kesempatan menyalip karena blocking Hamilton sangat bagus.

"Andai saya pole sitter, ceritanya akan beda," sebut Vettel saat itu.

Dan, pada sesi kualifikasi Sabtu (2/8) sepertinya Vettel akan paksakan raih pole guna mengantisipasi situasi seperti di Spa. Apalagi di FP2 hanya kalah 0,09 detik dari Hamilton. (andro)

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!