Datsun 620 Retro Tampil Eksotis Dengan Bak Kayu

Rabu, 06/09/2017 18:31 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagi kalangan tertentu memberi sentuhan modifikasi pada mobil klasik apalagi jenis pick up merupakan hal yang istimewa dan menjadi kepuasan tersendiri. 

Seperti yang dilakukan oleh Asa Sasmita pemilik Datsun 620 pick up keluaran tahun 1978, tampil begitu eksotik berkat hadirnya bak yang didesian dari kayu.

“Awalnya hanya sebuah barang rongsokan, kondisinya sungguh menyedihkan. Mesinnya mati, bodi banyak yang keropos karena karatan begitu pula interior ala kadarnya,” buka pria yang suka mengoleksi kendaraan klasik. 

Atas dasar kecintaanya pada mobil retro, akhirnya sosok Datsun rongsok itu mulai dibenahi sektor demi sektor. Sudah tentu bagian eksterior menjadi fokus utama dalam memberikan polesan modifkasi agar punya kesan lain. 

“Di sini saya sengaja menghadirkan konsep retro yang berbeda dari biasanya dengan mengubah tampilan bak besi plat menjadi bak kayu karena di Jakarta masih jarang bahkan tidak pernah ditemukan,” ujar pria yang juga seorang arsitek itu. 

Selanjutnya proses mengarah pada sektor dapur pacu, pick up yang mengusung tipe mesin J15 berkapasitas 1500cc OHV dengan pemasok bahan bakar karburator cukup diberikan penyegaran saja.

Masuk ke sektor interior mengingat belum ada fitur keamanan dan kenyamanan yang memadai kerena terlahir sebagai mobil pengangkut barang, 

Putaran lingkar setir yang dianggapnya terasa berat itu disempirnakan dengan pengaplikasikan power steering. 

Tak luput perangkat penghenti laju roda sistem tromol mendapat pembaharuan dengan mengunakan sistem disk brake di bagian depan.

Uniknya lagi, kehadiran spakboard kastem dirancang dari besi plat kemudian dibalur cat putih membuatnya semakin terlihat eye catching.

Interior sengaja dipertahankan segi orisinalitasnya, cukup dilakukan penyegaran dibeberapa bagian agar terkesan ciamik dan tetap menonjolkan unsur klasik. 

Guna mempertahan orisinilitas interior, tampilan jok, doortrim hingga plavon disegarkan dengan tipe dan model sejenis aslinya. Begitu pula dengan tampilan dashboard cukup disegarkan dengan dilakukan pengecatan ulang.

Guna meghadirkan kenyamanan tersendiri dalam berkendaraan dipasang alat penyejuk udara dalam kabin pick up ini.

Segala usaha yang terjadi pada sosok Datsun berkelir bodi kontras merah putih dipadu corak warna kayu natural itu ternyata berujung manis.

“Selama 5 kali ikut kontes mobil retro semuanya mendapat pernghargaan. Hal ini membuat saya menjadi bangga dan semakin suka dengan mobil-mobil klasik,” tutupnya.

Keren kan bro konsep retronya…(yacob) 
 
  

TERKINI
Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos