MotoGP 2017: Kejar Marquez dan Dovi, Ini Yang Dituntut Vinales dari Yamaha

Jum'at, 15/09/2017 20:02 WIB

mobilinanews (Spanyol) – Masih ada 5 laga sisa kompetisi 2017. Tertinggal 16 angka masih banyak potensi pengejaran untuk dilakukan Maverick Vinales. Syaratnya, Yamaha harus berbenah khusus saat gelaran wet race.

Di lintasan basah di GP Misano lalu, Vinales memang kalah jauh dibandingkan Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. Beda di lintasan kering seperti saat FP4, ia merasa sangat nyaman dengan sasis M1 spek 2018.

Meski pakai ban berkompon keras yang tidak ia sukai, ia bisa menyaingi waktu Marquez dengan selisih hanya 0,081detik sementara dari Dovi tertinggal 0,189 detik.

“Begitu di lintasan basah,mereka berdua jauh lebih sigap. Jika ingin tetap bersaing berebut gelar tahun ini,Yamaha harus benahi set-up di lintasan basah,” tegas Vinales.

Area M1 yang harus dikilik adalah roda belakang yang sangat sulit mendapatkan daya cengkeram ideal. Terutama saat belok kiri, ban belakang malah beberapa kali mlintir.

“Sangat sulit merebahkan motor ke kiri. Beberapa kali dengkul saya harus menahan kesimbangannjabarkan. Di bagian depan sama sekali tak masalah, sama nyamannya saat di lintasan kering,” papar Vinales tanpa menyebut kemungkinan masalah itu datang dari ban, suspensi, swing arm, atau malah dari sasis 2018 yang baru di Misano itu bertemu lintasan basah.

Lagi pula, itulah yang harus dicari Yamaha sekaligus mencari solusi perbaikannya.

Yang menarik digarisbawahi adalah keluhannya saat belok kiri. Hal itu juga yang dikeluhkan Dovi saat tarung rapat saling menyalip melawan Marquez di Austria.

Ia sebut satu-satunya kelemahan saat itu adalah tikungan kiri, selalu tertinggal kisaran setengah meter dari motor Marquez.

Nah lho!Pasalnya, seri lomba terdekat di Sirkuit Aragon, justru akan lebih banyak main ke tikungan kiri. Trek anticlockwise atau berlawanan arah jam itu menyajikan 10 tikungan kiri dan 7 tikungan kanan dan balapan dijadwal berdurasi 23 laps.

Masalahnya, mampukah Yamaha memenuhi harapan Vinales? (andro)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda