MotoGP Aragon 2017 : 4 Tikungan Ini Bakal Menyiksa Rossi

Kamis, 21/09/2017 19:10 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Kamis (21/9) sore waktu Spanyol atau malam WIB ini akan jadi penentuan apakah dokter mengizinkan Valentino Rossi boleh tarung di GP Aragon dengan kondisi kaki kanan masih dibalut perban.

Kalau lolos, penentuan berikutnya pada sesi FP1 pada Jumat (22/9) pagi waktu setempat.

Kehadiran The Doctor yang patah kaki saat latihan tiga pekan lalu menyedot perhatian tersendiri. Normalnya cidera seperti itu bisa pulih dalam 30 sampai 40 hari dan karena itu Rossi sempat dijadwal absen di Aragon.

Yamaha pun sudah siapkan pebalap WSBK mereka, Michael van der Mark, selaku pengganti meski sama sekali belum pernah menggeber motor MotoGP.

Rossi dianggap terlampau nekat dan beresiko main akhir pekan ini kalaupun nanti dokter mengizinkan.

Pasalnya, lay out sirkuit anticlockwise dengan 17 tikungan (10 kiri, 7 kanan) sangat menguras daya tahan pebalap yang bertarung dalam 23 laps.

Dengan panjang sirkuit 5,1 km maka durasi balap berlangsung 116,8 km nonstop. 

Selain itu, ada 9 tikungan yang kudu dilibas dengan gigi rendah, empat diantaranya diawali dengan pengereman kuat seperti T1, 5, 8, dan 12. Artinya, kaki kanan Rossi akan tersiksa di seluruh area itu karena butuh tekanan kuat pada rem belakang.

Tak mungkin hanya andalkan rem tangan. Apalagi, usai tes di Misano lalu ia mengaku masih kesakitan.

Jadi, kalaupun boleh turun di FP1, keputusan lanjut atau tidak ke sesi berikutnya sangat bergantung pada apa yang dirasakan Rossi. 

"Begitu ia rasakan tak nyaman maka Van der Mark langsung masuk sebagai pengganti. Tim akan membantunya secepat mungkin beradaptasi dengan M1 yang belum pernah ia kendarai. Ini akan jadi pengalaman spesialnya," kata Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli.

Dan, jika The Doctor nantinya bisa beraksi maka itu juga akan jadi penampilan spesial seperti halnya Jorge Lorenzo di Assen beberapa tahun lalu saat patah tulang belikat.

Mampukah Rossi? (andro)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh