Wow, Rangga Musbandi Juarai Balap Mobil di Australia

Senin, 09/10/2017 19:09 WIB

mobilinanews (Melbourne) - Rangga Musbandi Putra jadi satu-satunya pebalap dari Indonesia yang meraih posisi pertama Hill Climb Australian Championship di sirkuit Rob Roy Hill Climb, Victoria, Melbourne, Minggu (24/9) lalu.

"Alhamdulilah juara 1 membawa nama Indonesia di kelas J. Terima kasih tim Volkswagen racing of Victoria dan juga kepada semua yang turut membantu, serta doa juga dukungan semua pihak," ujar Rangga Musbandi Putra kepada Mobilinanews.

 Ini pertama kalinya Rangga mengikuti ajang Rob Roy Hillclimb Australian Championship. Menurutnya, balapan seperti ini dinilai sangat menantang. Apalagi belum pernah diadakan di Indonesia.

"Rangga turun di kelas J khusus untuk mobil-mobil berkapasitas mesin di bawah 1.000cc dengan modifikasi terbatas, spek naturally aspirated sesuai ketentuan," terang Rangga.

Menariknya, persiapan yang dilakukan Rangga terbilang singkat. Mini hatchback Volkswagen Up yang jadi andalannya di balapan ini, baru dibeli seminggu sebelum event.

"Kebetulan di kelas J ini ubahan yang disyaratkan juga terbatas. Hanya diperbolehkan mengganti saringan udara model replacement inbox, exhaust system dan peredam kejut Bilstein, ditambah bahan bakar menggunakan ethanol blended 10%," lanjut Rangga.

 "Sengaja pakai sokbreker keras, tapi tidak diceperin karena mungkin ke depannya mau ikut rally dan motorkhana juga disini," senyum pria yang kini bermukim di Australia ini dalam rangka menyelesaikan studinya.

Hillclimb adalah salah satu bentuk balapan tertua di mana pebalap menguji kemampuan mereka dan berkompetisi pada trek yang menanjak dan menantang. 

Rob Roy adalah event Hillclimb tertua, dengan trek aspal yang dibangun di Australia sejak tahun 1937. 

Di lokasi ini Kejuaraan Hillclimb Victoria pertama kalinya diselenggarakan, sekaligus menjadi skala nasional Australia pada bulan Februari 1938.

Ini merupakan balapan resmi skala internasional pertama yang diikuti Rangga, meskipun sebelumnya sempat beberapa kali mengikuti practice resmi di beberapa sirkuit lokal Australia.

 Di Indonesia sendiri hobi balapnya banyak disalurkan di Sentul. Beberapa prestasi di ajang drag race sempat ditorehkan.

"Next saya mau ikut balap ISSOM di Sentul karena mobil sudah selesai dibangun. Cuma kendala waktu bentrok karena domisili di luar. Waktu itu cuma baru sempat trackday sekalian setting," ujar Rangga.

Ditunggu kiprahnya di ISSOM ya sob. (Anto).

TERKINI
GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition PT BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus